September 18, 2015

Berapa Ongkos Pabrikasi Smartfren MiFi Andromax M2S yang Dibuat LG Innotek?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Berapa Ongkos Pabrikasi Smartfren MiFi Andromax M2S yang Dibuat LG Innotek?  

MOBITEKNO – PT Smartfren Telecom telah meluncurkan produk MiFi lokal pertamanya Andromax M2S (baca juga: Andromax M2S: MiFi 4G Racikan Lokal Smartfren Bersama LG Innotek Indonesia) yang dibuat di pabrik LG Innotek Indonesia yang berlokasi di kawasan industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Sukoco Purwokardjono, Division Head Smartphone & Data Device Smartfren Indonesia, beberapa pertimbangan teknis harus dilakukan mereka terkait fitur-fitur apa saja yang disertakan atau tidak disertakan dalam MiFi Andromax M2S agar harga jualnya tetap menarik di tengah perkasanya nilai mata uang Dolar AS.

Beberapa komponen, misalnya PCB (printed circuit board), baterai, charger, dan beberapa chip tertentu masih diimpor dari luar sehingga proses pemilihan jenis komponen dan fitur yang akan disematkan pun harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak berdampak pada harga.

Beberapa kompromi fitur pun dilakukan pada MiFi Andromax M2S, diantaranya absennya fitur dual band (M2S hanya mendukung band di frekuensi 2,4 GHz), tidak adanya dukungan standar Wi-Fi ac terbaru, dan hanya aktif optimal di jaringan 4G LTE.

Meski demikian, dengan harga jual promosi Rp 499 ribu, MiFi Andromax M2S sudah diperkuat dengan chipset Qualcomm MDM 9320 yang diklaim stabil dan hemat baterai saat digunakan di jaringan 4G LTE, baik TDD LTE band 40 (2300 MHz) maupun FDD LTE Band 5 (850 MHz).

MiFi ini juga diklaim Smartfren telah mendukung standar LTE Cat4 yang mengusung kemampuan downlink hingga 150 Mbps dan kecepatan uplink hingga 50 Mbps.

MiFi Andromax M2S juga telah dirancang dapat menangani hingga 15 koneksi Wi-Fi dari perangkat/client yang terhubung dengannya. Daya tangkap sinyal Andromax M2S dijamin stabil dengan dukungan adanya antena 2T2R untuk koneksi LTE dan Wi-Fi.

Menurut informasi pihak LG Innotek Indonesia, ongkos produksi Andromax M2S adalah US$ 36,6 (sekitar Rp 530 ribu). Dengan biaya produksi sebesar itu dan harga jual Andromax M2S saat masa promosi Rp 499 ribu, Smartfren sepertinya masih tekor menjual MiFi tersebut.

Tekornya baru ‘hilang’ saat masa promosi MiFi berakhir, dimana Andromax M2S akan dijual seharga 599 ribu. Smartfren belum menginformasikan sampai kapan masa promosi ini berlaku.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS