August 18, 2015

Gandeng ZTE, Pemkot Makassar Bangun Sistem Keamanan Publik yang Cerdas

Penulis: Eko Lannueardy
Gandeng ZTE, Pemkot Makassar Bangun Sistem Keamanan Publik yang Cerdas  

MOBITEKNO – ZTE hari ini, Selasa (18/8) mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kota Makassar untuk menjalin kemitraan strategis dalam penerapan solusi smart city di kota yang akrab disebut Kota Daeng ini.

Penandatanganan MoU ini juga mengawali hubungan baik jangka panjang antara ZTE dan pemerintah kota Makassar, untuk fokus mengembangkan sumber daya demi meningkatkan kualitas manajemen keamanan publik.

Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, Walikota Makassar menegaskan bahwa keamanan publik adalah elemen penting dalam menjaga stabilitas sosial, perkembangan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat disuatu negara. Hal ini juga menjadi pertimbangan Pemkot Kota Makassar akan urgensi penerapan solusi smart city.

“Dalam menangani berbagai macam keamanan publik, berbagai instansi keamanan dituntut untuk terus dapat menjaga keselamatan masyarakat, serta properti dan infrastuktur kota. Dengan diterapkannya solusi smart city untuk keamanan publik, berbagai instansi keamanan tersebut dapat melakukan kontrol dan koordinasi secara efektif," jelas Ramdhan.

Sejumlah solusi smart city sudah mulai diterapkan di Makassar, seperti akses WiFi di perkotaan dan kartu pintar yang meliputi banyak urusan serta administrasi instansi pemerintah. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk membantu Pemkot Kota Makassar dalam menciptakan tata ruang yang lebih nyaman.

Hal senada juga ditegaskan oleh Yan Changzhi, Sales Director dari PT ZTE Indonesia. Ia mengatakan bahwa kerja sama dengan Pemkot Kota Makassar merupakan sebuah kebanggaan bagi ZTE dalam meningkatkan sistem keamanan publik.

“Sistem keamanan publik terintegrasi milik ZTE mengombinasikan seluruh mekanisme penanggulangan kondisi darurat untuk menangani kejahatan, ketidakstabilan sosial, bencana alam, dan hal-hal yang berhubungan dengan keamanan publik lainnya," ujar Yan.

Solusi smart city ZTE, yaitu ZTE iCity, telah diterapkan di lebih dari 140 kota di 40 negara. Aplikasi solusi smart city ZTE mendapatkan penghargaan ‘2013 Smart City Benchmark Enterprise’ dari IDG (International Data Group) dan penghargaan ‘2013 Best Smart City Solution Provider’ dari China Cloud Computing Award (CCCA).

 

Tags: , ,


COMMENTS