November 16, 2015

RecordService dari Cloudera Berikan Kontrol Akses untuk Ekosistem Apache Hadoop

Penulis: Desmal Andi
RecordService dari Cloudera Berikan Kontrol Akses untuk Ekosistem Apache Hadoop  

MOBITEKNO – Keamanan menjadi hal yang sangat penting bagi banyak perusahaan. Khusus untuk menjaga data-data perusahaan agar tidak bocor ke tangan yang salah, keamanan data dan jaringan harus mutlak diterapkan pada jaringan perusahaan. Inilah yang menjado pemikiran Cloudera sebagai perusahaan yang selalu fokus untuk menyediakan solusi manajemen data analisis perusahaan yang didukung Apache Hadoop.

Belum lama ini, Cloudera merils versi beta untuk layanan RecordService yang bisa diaplikasikan ke ekosistem Apache Hadoop, seperti Apache Spark dan MapReduce. RecordService merupakan sebuah lapisan keamanan baru dengan kinerja yang tinggi di lingkunag Apache Hadoop. Solusi ini menyediakan keamanan berbasis baris dan kolom yang lengkap, dan dynamic data masking untuk setiap mesin akses Hadoop sehingga dapat digunakan mulai dari hulu hingga ke tingkat produksi.

“Ada perbaikan pesat yang dilakukan untuk keamananan Hadoop,  untuk mengatasi peningkatan kebutuhan dalammenyimpan dan menganalisis data sensitif di platform,” ujar Eddie Garcia, Chief Security Archtect, Cloudera. “Dengan RecordService, komunitas Hadoop dapat memenuhi visi kontrol akses yang presisi di setiap jalan akses hadoop,” tambah Eddie.

Sebagai lapisan baru yang berada di antara penyimpanan dan mesin komputasi Hadoop, RecordService tidak hanya secara konsisten menerapkan kontrol akses berbasis peran yang presisi yang didefinisikan oleh Sentry, tapi juga menyediakan dynamic data masking di seluruh Hadoop. Kemampuan ini memungkinkan organisasi untuk menutup elemen sensitif data, melindunginya karena ini diakses secara real-time. Dengan dynamic data masking, lebih banyak pengguna yang bisa mengakses dan menganalisa data tanpa membutuhkan izin untuk data tersebut. Platform ini menawarkan perlindungan terdepan yang belum pernah ada sebelumnya dalam keamanan Hadoop utama.  

RecordService merupakan kemajuan penting untuk keamanan Hadoop, melengkapi kemampuan otorisasi yang ada. Sebagai lapisan keamanan inti baru, asli di ekosistem Hadoop, RecordService memungkinkan ekspansi lanjutan Hadoop untuk perusahaan, sehingga organisasi dapat berinovasi tanpa kompromi.

Tags: , , ,


COMMENTS