July 15, 2015

Kreator Mario dan Donkey Kong Jadi Kandidat Kuat CEO Nintendo Baru

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kreator Mario dan Donkey Kong Jadi Kandidat Kuat CEO Nintendo Baru  

MOBITEKNO – Setelah wafatnya Presiden dan CEO Nintendo, Satoru Iwata, belum lama ini (11 Juli 2015), pertanyaan yang mencuat selanjutnya adalah siapakah calon penggantinya yang dianggap cukup layak?

Penerus tongkat kepemimpinan menjadi krusial mengingat kondisi finansial Nintendo saat ini yang kurang begitu menggembirakan sebagai dampak dari pendapatan Nintendo yang cenderung menurun sejak tahun 2013.

Di bawah kepemimpinan Satoru Iwata sebagai CEO Nintendo pertama yang tidak memiliki ikatan darah atau perkawinan dengan keluarga Yamauchi (pendiri Nintendo), Nintendo berhasil direvitalisasi berkat kesuksesan produk game console-nya, Nintendo DS dan Wii, di era 2004 hingga menjelang 2009.

Sayangnya produk penerus keduanya, yaitu Nintendo 3DS dan Wii, tidaklah sesukses versi awalnya. Layaknya seorang Samurai dengan semangat Bushido, Iwata pun rela memotong setengah gajinya agar Nintendo bisa lebih kompetitif dengan pesaingnya Sony dan Microsoft.

Sebenarnya Nintendo sudah jauh-jauh hari memikirkan pemimpin baru sejak Iwata diumumkan menderita kanker tumor pada saluran empedunya sekitar Juni tahun lalu.

Meskipun ada beberapa sosok di internal Nintendo yang bisa menjadi CEO baru, ada satu sosok yang dianggap sangat layak menjadi pemimpin Nintendo menghadapi berbagai tantangan berat di masa mendatang. Sosoknya ada pada Shigeru Miyamoto sang kreator tokoh Mario yang telah melegenda di industri gaming.

Miyamoto bisa dianggap sebagai legenda hidup yang sangat mengetahui seluk beluk dunia game dan gamer. Reputasinya selama ini juga telah diakui banyak pihak sehingga Ia pun sangat layak menduduki posisi puncak di Nintendo.

Miyamoto yang telah bergabung sejak tahun 1977 telah melahirkan berbagai karya kreatifnya yang diakui di seluruh dunia, seperti Mario, Donkey Kong, The Legend of Zelda, Star Fox, hingga F-Zero.

Meskipun kemampuan kreatif dalam melahirkan tokoh-tokoh iconic dan kebolehannya dalam menarik perhatian publik belum menjamin kepiawaiannya dalam mengelola bisnis, minimal Nintendo akan berada di bawah kendali tokoh yang mengerti dunia gaming dan tentu saja disegani oleh berbagai pihak.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS