April 15, 2015

2020: Hyundai Siap Bermain di Autonomous Car

Penulis: Desmal Andi
2020: Hyundai Siap Bermain di Autonomous Car  

MOBITEKNO – Saat ini, hampir semua produsen kendaraan memiliki rencana untuk mengembangkan Autonomous Car yang serba otomatis. Begitu juga Hyundai. Perusahaan kendaraan asal Korea Selatan ini bahkan sudah memiliki jadwal untuk memperkenalkan mobil autonomousnya yang pertama, yaitu pada tahun 2020.

Seperti yang dilansir Autoscoops, dipilihnya 2020 oleh Hyundai karena menurut hukum yang berlaku, mobil-mobil autonomous baru bisa dipasarkan ke masyarakat umum pada tahun 2030. Jadi menurut Hyundai, akan lebih baik menunggu agar semuanya benar-benar siap sehingga calon konsumen bisa mendapatkan fitur masa depan dalam keadaan sudah siap pakai.

Namun, berbagai teknologi yang akan diterapkan pada mobil masa depan sudah diperkenalkan Hyundai ke masyarakat. Contohnya tahun ini, Hyundai memperkenalkan Lane Keeping Cruise Control System yang baru untuk kendaraan premiumnya yang dapat bekerja di kecepatan berapa pun. Saat ini kebanyakn sistem Cruise Control baru bisa bekerja pada kecepatan di atas 59 km/jam.

Sistem Cruise Control baru sudah sempat didemonstrasikan di luar kota Seoul, melalui seri Hyundai Genesis yang diatur untuk mengikuti mobil di depannya. Demonstrasi tidak hanya untuk jalan lurus, tetapi juga kondisi saat kendaraan berhenti, melalui putaran balik (U Turn), dan slalom (S Turn). Kondisi-kondisi ini sangat cocok dalam mengembangkan teknologi Cruise Control baru Hyundai.

Menurut Kim Dae Sung, Direktur Hyundai Automotive Control Systems Development Group mengatakan bahwa tujuan mereka menguji fitur baru ini bukan untuk menciptakan mobil seperti Google, tetapi lebih ke faktor keamanan penumpang. “Keselamatan adalah masalah terbesar,” ujar Kim.

Hyundai sendiri cukup senang bahwa mereka sudah mendekati apa yang dilakukan produsen mobil premium seperti Audi seri A8 yang sudah memiliki berbagai fitur autonomous. Namun, untuk menjadi autonomous seutuhnya, masih banyak teknologi yang harus disempurnakan.

Tags: ,


COMMENTS