July 14, 2015

Bikin Robot Sendiri dengan Aplikasi Vortex

Penulis: Adhi Pratama Putra
Bikin Robot Sendiri dengan Aplikasi Vortex  

 

MOBITEKNO – Bagaimana cara membuat robot? Apakah harus merangkainya satu persatu kemudian memprogramnya? Oh, kini Anda tak membutuhkan semua itu.

Membuat robot kini menjadi lebih mudah berkat aplikasi Vortex yang dibuat oleh DFRobot, sebuah perusahaan yang telah menjual hardware open-source sejak 2008. Aplikasi yang diperkenalkan mulai pekan ini, merupakan ujicoba dari hasil Crowdfunding atau pendanaan bersama melalui Kickstarter.

Vortex, yang cukup kecil di telapak tangan Anda, digambarkan sebagai perangkat cerdas dan responsif yang dimaksudkan untuk menginspirasi kreativitas yang luar biasa menyenangkan. Aplikasi ini digandengkan dengan Sphero, robot berbentuk bola, yang mengilhami mainan generasi baru, namun juga dapat digunakan sebagai alat pendidikan untuk anak-anak. Vortex dan Sphero sangat disarankan bagi anak-anak usia 6 tahun keatas hingga dewasa yang ingin mempelajari belajar robotika dasar dan pengkodean antarmuka dengan cara yang beragam dan mudah digunakan.

"Dengan Vortex, DFRobot ingin membawa kembali kegembiraan bermain-main ke generasi berikutnya dan meningkatkan pendidikan teknologi di kalangan anak-anak, bahkan dari usia dini," kata Ricky Ye, CEO DFRobot sebagaimana dikutip melalui wawancaranya dengan Engadget.

"Untuk sebagian besar, teknologi mainan memiliki sebenarnya tidak banyak berubah selama beberapa dekade. Kami menantang ini dengan robot cerdas yang anak-anak antusias bisa bermain namun juga belajar tentang pemrograman dan robotika," lanjut Ye.

Untuk membuat pemrograman dan bermain lebih mudah, Vortex akan memiliki aplikasi pendamping di iOS dan Android.

Vortex akan dijual mulai awal musim gugur tahun ini dengan harga sebesar US$ 69, yang meliputi robot, pak stiker untuk bermain game dan set golf.  JIka Anda ingin membeli dua buah robot, maka DFRobot menawarkan harga yang lebih hemat menjadi US$ 119. Semua produk Vortex dan Sphero akan dijual secara resmi melalui laman Kickstarter.

Yuk, mulai coba bikin robot sendiri!

 

Tags: , , , ,


COMMENTS