December 13, 2015

Agar Belasan Mobil Listriknya Siap Dalam Lima Tahun, Ford Investasikan 4,5 Miliar Dolar AS

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Agar Belasan Mobil Listriknya Siap Dalam Lima Tahun, Ford Investasikan 4,5 Miliar Dolar AS  

MOBITEKNO – Isu lingkungan, terutama dampak pemakaian bahan bakar kendaraan berbasis fosil, makin menjadi perhatian dunia. Tesla, Toyota, GM, Nissan Honda, dan lainnya sudah mulai menjawab isu ini dengan menghadirkan beberapa mobil listrik atau hidrogen (fuel cell vehicle).

Komitmen industri otomotif makin terlihat dengan besarnya bujet yang disiapkan untuk riset dan pengembangan mobil-mobil generasi mendatangnya, seperti yang baru-baru ini diungkapkan produsen mobil asal AS, Ford Motor Company.

Setelah mulai dirintis tahun 90-an, Ford Motor Company kembali mempertegas komitmennya seputar teknologi mobil listrik dengan rencananya merilis belasan jenis mobil listrik di tahun 2020 nanti.

Seperti juga pendirinya, Henry Ford, hingga di bawah kendali Alan Mulally dan terakhir Mark Fields, Ford Motor Company selalu mencoba menghadirkan berbagai inovasinya di produk mobilnya. Salah satunya, seperti inovasi Ford Sync (in-dash system), Active Park Assist, EcoBoost Engine, dan lain-lain.

Rencana Ford untuk merilis 13 jenis mobil listrik di tahun 2020 akan didukung oleh investai yang tidak kecil, yaitu mencapai US$ 4.5 miliar. Salah satu model mobil lsitrik adalannya, Focus Electric akan mengusung kemampuan teknologi DC fast-charge. Dengan teknologi ini, baterai Focus Electric akan terisi 80 persen (jarak tempuh sekitar 100 mil atau 160 km) hanya dalam waktu 30 menit.

Di samping itu, Ford juga akan memperkenalkan fitur Brake Coach pada mobil Focus Electric 2017. Brake Coach adalah fitur smart yang memandu pengendara dalam melakukan pengereman yang mulus untuk memaksimalkan pengambilan energi melalui Regenerative Braking System (energi yang diambil melalui rem dikembalikan ke baerai).

Raj Nair, Executive VP of Product Development Ford Motor Company mengatakan, "Tantangan ke depan bukanlah siapa yang paling banyak menghadirkan teknologi di mobilnya, tapi siapa yang paling baik mengimplemetasikan teknologi untuk kemudahan dan menyenangkan konsumen.”

"Dengan mengobservasi konsumen, Ford lebih dapat memahami kemauan pengguna sehingga experience pengguna juga akan semakin baik ke depan", tegas Raj Nair.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS