September 13, 2015

Cortana akan Gantikan Google Now sebagai Digital Assistant di Cyanogen OS

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Cortana akan Gantikan Google Now sebagai Digital Assistant di Cyanogen OS  

MOBITEKNO – Beberapa bulan lalu, tepatnya bulan April 2015, Cyanogen dan Microsoft bersepakat untuk mendistribusikan beberapa aplikasi dan layanan Microsoft di dalam sistem operasi (OS) mobile berbasis Android, Cyanogen OS.

Kerjasama ini bisa terwujud karena adanya manfaat yang diperoleh bagi kedua belah pihak. Di satu sisi Microsoft bisa memperluas aplikasi dan layanannya di luar ekosistem Windows, di sisi lainnya Cyanogen bisa mengurangi ketergantungannya pada berbagai aplikasi dan layanan Google.

Sejauh ini, daftar layanan yang telah dikonfirmasi akan digodok Microsoft untuk Cyanogen OS antara lain, Office, Skype, OneDrive, OneNote, dan layanan Bing. Kini, salah satu realisasi berikutnya dari kolaborasi ini juga diumumkan Kirt McMaster, Cyanogen CEO, pada media International Business Times.

Menurut Kirt, Cyanogen dan Mirosoft akan mengintegrasikan Cortana pada versi berikutnya dari Cyanogen OS. Integrasi Cortana merupakan salah satu kunci utama untuk penterasi Cyanogen OS ke pasar yang lebih luas.

Kirt meyakini, meski Cortana telah tersedia sebagai aplikasi (app) di Android, tapi diferensiasi yang sebenarnya baru tercipta jika Cortana diintegrasikan lebih dalam di level OS. Dengan kata lain, potensi Cortana sebagai intelligent digital assistant yang juga didukung oleh search engine Bing ini bisa dieksplorasi lebih jauh.

Niat untuk melepas ketergatungannya dari Google menjadi strategi utama Cyanogen agar Cyanogen OS bukan hanya bisa bersaing dengan Google Android, tetapi juga dengan Apple iOS dan Windows 10 Mobile. Kapan hal tersebut bisa diwujudkan, menurutnya masih membutuhkan waktu sekitar dua tiga tahun lagi.

Microsoft sejauh ini telah menguji Cortana di Android sebagai digital assistant pengganti Google Now. Rencananya, Cortana juga akan tersedia di platform Apple iOS akhir tahun ini.

Meski hadir di kedua platform mobile terbesar saat ini, Microsoft cukup ‘tahu diri’ dengan menyatakan bahwa pengguna belum bisa menikmati semua fitur Cortana layaknya Cortana di Windows dan Windows Phone mengingat restriksi level OS dari Android dan iOS. Untuk itulah Microsoft bermitra dengan Cyanogen agar Cortana bisa lebih ‘merasuk’ ke dalam Android OS yang dimodifikasi tersebut.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS