July 13, 2015

Hyundai-Kia Amerika Kembangkan Sistem Wireless untuk Isi Ulang Baterai

Penulis: Desmal Andi
Hyundai-Kia Amerika Kembangkan Sistem Wireless untuk Isi Ulang Baterai  

MOBITEKNO – Pengembangan teknologi wireless charging system ini dilakukan di Hyundai-Kia America Technical Center dengan persetujuan dari Departmment Energi untuk Teknologi Kendaraan di Amerika Serikat. Proyek ini juga mengajak Mojo Mobility Inc, perusahaan yang berpengalaman dalam hal wireless charging.

Mojo Mobility yang dipercayakan untuk mengembangkan sistem ini sudah menyelesaikan penelitiannya dalam hal wireless charging system sehingga hasilnya sudah dapat diginakan untuk men-transfer energi listrik ke kendaraan tanpa harus menghubungkan keduanya secara presisi. Untuk proyek ini, mereka menggunakan kendaraan Kia Soul EV.

Proyek ini akan menjalani tiga tahap sampai dapat digunakan untuk konsumen secara luas. Pada tahap pertama mereka akan mengembangkan wireless power transfer system yang akan mengoperasikan sebuah pad ke kendaraan dengan tingkat presisi hingga 85 persen. Dengan cara ini, energi sebesar 10kW dapat disalurkan ke kendaraan secara cepat melalui mode fast charging.

Selanjutnya pada tahap kedua, perusahaan yang terlibat dalam proyek ini akan mengintegrasikan sistem yang dibuat ke dalam Kia Soul EV dan akan mendemonstrasikannya secara penuh.

Pada tahap ketiga, mereka akan menguji keseluruhan sistem, mulai dari tingkat ketahanannya, keamanan, kinerja, dan efek samping pada kendaraan. Sampai saat ini, Kia belum  memiliki informasi kapan sistem ini akan diperkenalkan dan tersedia di masyarakat.

 

Sumber: autoguide

Tags: , ,


COMMENTS