October 12, 2015

Pirelli Tetap Menjadi Ban Formula 1 Hingga 2019

Penulis: Desmal Andi
Pirelli Tetap Menjadi Ban Formula 1 Hingga 2019  

MOBITEKNO – Kesepakatan penggunaan ban Pirelli hingga tiga musim ke depan dilakukan oleh Bernie Ecclestone dan Pirelli di sela-sela Grand Prix Sochi Rusia pada akhir pekan kemarin. Namun, kesepakatan ini tetap harus disetujui oleh badan regulasi balapan dunia, FIA.

Namun, untuk menjalani tiga musim ke depan, belum diketahui apakah perusahaan ban asal Italia tersebut akan menggunakan spesifikasi yang digunakan saat ini atau akan melakukan perubahan radikal dalam kerjasamanya dengan Formula 1. Seperti diketahui bersama, dua perusahaan ban Pirelli dan Michelin belum lama ini mengajukan proposal untuk mengubah desain ban yang ada saat ini, kombinasi pelek 13 inci dengan profil tinggi pada tepi ban menjadi pelek berukuran lebih besar tetapi dengan profil rendah pada tepi ban. Pengubahan ini karena F1 ingin agar mobil balapnya lebih cepat, ringan, dan bertenaga.

Kiprah Pirelli di Formula 1 bermula pada tahun 2011 menggantikan Bridgestone yang menjadi pemasok tunggal ban Formula 1 sejak tahun 2006. Sebelum menerapkan pemasok tunggal, F1 menggunakan Michelin dan Bridgestone. Namun, kasus GP amerika Serikat di tahun 2005 membuat F1 mengubah kebijakannya mengenai pemasok ban. Di GP AS 2005 tersebut, hanya enam pembalap yang menggunakan ban Bridgestone saja yang melakukan balapan sehingga kasus ini sempat menurunkan citra F1 di mata penggemarnya. Michelin dianggap kurang mampu memberikan rasa aman pada balapan tersebut.

Sumber: autoblog

Tags: , , , ,


COMMENTS