October 12, 2015

Mainan View-Master Terbaru Sudah Adopsi Teknologi VR

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mainan View-Master Terbaru Sudah Adopsi Teknologi VR  

MOBITEKNO – Teknologi virtual reality (VR) semakin hari semakin dekat dengan dengan konsumen. Inovasi Google Cardboard VR yang murah meriah dengan headset kartonnya, headset VR Samsung Gear VR yang relatif terjangkau, atau headset VR gratis LG (VR for G3) bagi pembeli smartphone LG G3 makin membantu kehadiran teknologi tersebut di tengah-tengah kita.

Selanjutnya, Google pun mengajak Mattel untuk menghadirkan teknologi VR pada produk mainannya. Mattel, produsen mainan dan game AS, telah menghadirkan fitur virtual reality-nya pada produk legendarisnya View-Master.

Mainan yang juga cukup populer di era akhir 70-an dan awal 80-an bagi anak-anak di Indonesia ini akan menawarkan Starter Pack yang dilengkapi dengan sebuah Preview Reel. Preview Reel yang berupa keping film bundar (reel) yang mirip dengan keping film bundar (reel klasik) pada View-master klasik ini akan menyuguhkan berbagai tayangan VR dari aplikasi khusus yang diputar dari smartphone Android atau iPhone.

Berbagai tayangan VR tersebut antara lain, seperti tayangan luar angkasa (Space), Destination, dan margasatwa dari National Geographic (National Geographic Wildlife).

Seperti juga Cardboard dari Google atau VR for G3 dari LG, headset plastik View-Master terbaru ini juga membutuhkan sebuah smartphone untuk melakukan proses dan menampilkan tayangan VR dari aplikasi Google Cardboard.

Keistimewaan View-Master dibandingkan headset cardboard atau sejenisnya yang telah beredar selama ini adalah dukungannya pada beragam koleksi reel klasik AR yang telah ada selama ini.

Reel dengan beragam tema lain akan dijual secara terpisah sebagai cardboard disc atau digital update yang harus di-download. View-Master yang dipatenkan pertama kali sekitar 75 tahun yang lalu ini (Model A viewer) sejauhini telah terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia.

Produk View-Master terbaru dari Mattel akan dijual di AS seharga US$ 30. Paket tambahan berupa reel dengan berbagai jenis tayangan akandijual kemudian seharga US$ 15.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS