May 12, 2015

Review Lenovo A7000: Entertainment Smartphone dengan Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo A7000: Entertainment Smartphone dengan Harga Terjangkau  

MOBITEKNO – Lenovo A7000 hadir sebagai penerus generasi A6000. Ada beberapa perbedaan antara seri A7000 dengan A6000. Selain layarnya yang berukuran lebih besar, Lenovo A7000 juga tampil dengan prosesor berbeda.

Lenovo seri A7000 sempat ditampilkan dalam acara tahunan Mobile World Congress 2015 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Smartphone ini menggunakan prosesor MediaTek MT6752m 1,5 GHz dengan teknologi True8Core  dan didukung oleh memori internal sebesar 2 GB RAM. Cukup lega untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Dengan ukuran layar 5,5 inci, smartphone ini sudah masuk dalam kategori phablet. Jika dipadukan dengan koneksi 4G LTE dari operator, menjalankan file multimedia dan bermain game online menjadi lebih menyenangkan. Menariknya, walaupun sudah memiliki internal storage sebesar 8 GB, A7000 masih menyediakan port MicroSD hingga kapasiitas 32 GB.

Lenovo A7000 dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP dengan auto focus dan kamera depan dengan fixed focus. Masih untuk multimedia, Lenovo A7000 mendukung teknologi Dolby Atmos yang sesuai dengan berbagai jenis headphone. Suara yang dihasilkannya mampu ditingkatkan kualitasnya melalui aplikasi khusus.

Terakhir, sebagai penyatu kekuatan dan kelebihan yang dimiliki oleh hardware dalam smartphone, Lenovo A7000 sudah menggunakan system operasi Android 5.0 Lollipop. Sistem ini mendukung dan memiliki manajemen memori yang lebih baik.

Kelengkapan

Sama seperti seri A6000, Lenovo A7000 dikemas rapi dalam sebuah boks yang kompak. Setelah dibuka segelnya, Anda bisa langsung membuka kotak atasnya. Akan terlihat langsung body smartphone Lenovo A7000 yang masih terbungkus plastik.

Di bawahnya, ada berbagai kelengkapan untuk menunjang smartphone ini. Untuk lebih jelasnya, di dalam boks, Anda akan menemukan:

  1. Smartphone
  2. Baterai berukuran 2900 mAh.
  3. Adapter untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC
  4. Kabel koneksi micro USB dan USB
  5. Buku petunjuk sederhana.
  6. Earphone standar
  7. Kabel USB On The Go (OTG)
  8. Screen Protector untuk melindungi layar 5,5 inci.

Salah satu hal menarik dari item-item dalam boks adalah tersedianya screen protector. Konsumen di Indonesia yang kebanyakan selalu mencari screen protector di berbagai toko, kini tidak perlu repot lagi. Pelindung layar smartphone ini sudah disediakan dalam boks kemasannya,

Desain

Walaupun memiliki ukuran layar 5,5 inci, tetapi karena tebalnya hanya 7,99 mm, smartphone ini masih tetap nyaman untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Apalagi sudut-sudutnya tidak berbentuk kotak, tetapi melengkung. Dengan desain sudut seperti itu, saat smartphone ditaruh dalam saku celana, smartphone tidak terasa menusuk badan ketika Anda bergerak untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Selanjutnya, buka cover belakang. Akan terlihat baterai berukuran tipis berwarna hitam dan berkapasitas 2900 mAh. Copot baterai tersebut agar Anda bisa mengakses dua slot micro SIM dan satu slot MicroSD. Desain slot micro SIM tampaknya sudah dipikirkan Lenovo secara matang. Di bagian atasnya tidak tertutup rapat, melainkan dibentuk sebuah lubang yang berfungsi untuk melepaskan Micro SIM.

Rangkai kembali baterai dan Micro SIM, serta tutup cover belakang. Di bagian kanan layar, terdapat tombol volume dan on/off. Posisi tombol on/off dengan volume yang diletakkan segaris, menurut Mobitekno cukup memudahkan jika ingin mengambil screenshot dengan paduan kedua tombol tersebut.

Proses mengaktifkan smartphone juga lebih mudah dengan posisi tombol on/off di samping. Cukup dengan satu tangan dan jempol kanan Anda, Anda sudah bisa mematikan dan mengaktifkan smartphone dengan cepat.

Di bagian atas terdapat port audio 3,5 mm untuk berbagai jenis headphone. Satu hal menarik juga ada di bagian atas smartphone ini. Port micro USB ada di bagian atas. Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang biasanya di samping atau bawah. Posisi ini agak mengganggu saat ada aktivitas di smartphone ketika kabel charger masih terpasang di port micro USB tersebut.

Micro USB ini juga mendukung fungsi On The Go (OTG) yang membuat proses transfer file menjadi lebih mudah. Menjalankan file multimedia dari microSD pun menjadi lebih lancer tanpaharus menguras storage internal yang ada di smartphone.

Sementara, jika Anda balik, posisi kamera di bagian belakang ada di sudut kiri atas. Di bawahnya terdapat dual LED Flash untuk membantu pencahayaan saat objek kurang mendapatkan cahaya alami. Satu hal yang menjadi kekurangan dalam hal desain adalah cover belakang yang terlalu tipis. Ada baiknya jika Anda melapisnya dengan case tambahan.

Fitur & Performa

Android Lollipop, Dolby Atmos, dan antarmuka Vibe  UI menjadi fitur yang diunggulkan dalam Lenovo A7000. Berkat Android Lollipop, manajemen memori bisa lebih rapi sehingga proses perpindahan aplikasi bisa berjalan lebih halus.

Begitu juga dengan Dolby Atmos. Anda tidak perlu mengatur ulang saat berganti headphone. Fitur ini tetap akan memberikn kualitas suara yang baik walaupun Anda berganti-ganti jenis headphone.

Satu lagi adalah Vibe UI. Sama seperti A6000, Vibe UI mememberikan kemudahan dalam mengoperasikan berbagai aplikasi dalam A7000. Selain itu, proses update, baik untuk sistem dan aplikasi,bisa berjalan lebih mudah.

 

Port Micro USB OTG

Micro USB yang terletak di bagian atas smartphone tidak hanya berfungsi untuk proses charging atau transfer data melalui PC dan notebook. Port ini mendukung fungsi On The Go (OTG) sehingga file-file dalam memory card bisa dipindahkan tanpa bantuan PC atau notebook lagi.

 

Kamera

Kamera belakangnya yang berkemampuan 8 MP cukup bagus dalam menangkap objek. Dengan fungsi auto focus, Anda bisa mendapatkan foto yang detail. Foto dalam jarak yang dekat pun, kamera ini masih mampu menanganinya dengan baik.

Kamera depan juga memiliki hasil yang bagus walau dengan fixed focus. Menariknya, kamera depan memiliki fungsi beautification dan berbagai opsi untuk mengambil gambar. Anda tidak hanya bisa menggunakan tombol shutter, tetapi juga cara lainnya seperti dua jari.

Beberapa efek juga disediakan dalam fungsi kamera ini. Sementara untuk perekaman video, lenovo A7000 sudah mendukung video HD 1080.

Baterai yang berkapasitas 2900 mAH mampu menunjang kehidupan A7000 dalam waktu sehari. Baterai yang bersifat removable juga memudahkan pengguna saat baterai mengalami masalah.

 

Performa

Saat diuji dengan menjalankan Antutu Benchmarkl, Lenovo A7000 mendapatkan skor 40951. Skor ini cukup baik sehingga posisinya seikit di bawah Xiaomi Mi4 dan Samsung galaxy S5. Sementara saat menggunakan Quadrant Standard, skor yang didapatkan adalah 189038.

Sementara untuk pengujian kemampuan graphics card-nya, Lenovo A7000 mendapatkan skor 5964 dengan menggunakan aplikasi benchmark 3D Mark Ice Storm.

Spesifikasi

Ukuran layar  5.5” HD (1280X720) IPS display
Sistem operasi  Android™ 5.0 Lollipop dengan antarmuka Vibe UI
Prosesor MediaTek MT6752m 4G LTE 1.5GHz True8Core™
Graphics Card Mali-T760MP2
Kamera Belakang 8MP auto-focus rear camera w/ flash, Depan 5MP fixed-focus front camera
RAM 2 GB
Storage Storage : Internal 8 GB dengan tambahan slot micro SD hingga 32 GB
Jaringan 2G, 3G, LTE Cat 4 150Mbps (DL) / 50Mbps (UL
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot; Bluetooth 4.0; GPS/GLONASS/microUSB, USB On-The-Go; FM radio
Baterai Baterai : 2900 mAh

Kesimpulan

Phablet keluaran Lenovo ini cocok digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Bobot ringan serta desain yang tipis membuat Lenovo A7000 masih nyaman untuk diletakkan di saku celana.

Hasil kamera depan dan belakang memuaskan. Ditunjang dengan LED flash, objek gambar di cahaya rendah pun dapat ditangkap dengan jelas. Fungsi Beautification jelas membantu para pencinta selfie untuk mendapatkan wajah yang lebih halus dan baik.

Sedikit kekurangan ada pada desain back cover yang dibuat terlalu tipis. Jika Anda melepas back cover untuk memasukkan micro SIM, sebaiknya letakkan di tempat yang aman.Selain itu tidak ada backlight pada menu “Home” juga menyulitkan pengguna saat smartphone digunakan di suasana gelap.

Tags: ,


COMMENTS