December 9, 2015

Ini Dia Lima Aplikasi yang Paling Sering Diakses Pengguna Smartphone di Indonesia

Penulis: Elizabeth Swanti
Ini Dia Lima Aplikasi yang Paling Sering Diakses Pengguna Smartphone di Indonesia  

MOBITEKNO – Dengan ragam fitur yang makin banyak dalam sebuah ponsel pintar, tak heran apabila pengguna smartphone semakin lama menghabiskan waktunya di depan perangkat tersebut. Sebuah Laporan Smartphone User Persona Report (SUPR) yang dirilis oleh perusahaan produsen mobile platform ternama dunia, Vserv baru-baru ini menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 129 menit per hari di perangkat mereka.

Dari total responden, didominasi oleh sekitar 20 persen yang dikategorikan sebagai penggila atau rakus data berdasarkan banyaknya penggunaan data mereka dengan pemasangan aplikasi dan game terbanyak dalam satu bulan. Menariknya, dari 129 menit waktu yang dihabiskan oleh para pengguna smartphone yang menjadi responden dalam laporan tersebut, 57 menit dari total waktu didominasi untuk mengakses aplikasi online. Sementara, hanya 21 menit dari total waktu yang digunakan untuk mengakses internet atau browsing. Sementara 41 menit sisanya digunakan untuk aktifitas offline, dan 7 menit untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan teks.

Tak hanya mencatat waktu yang dihabiskan di depan gadget, melalui teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat para responden, Vserv juga mencatat lima aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia, yakni YouTube, Path, Facebook, Twitter, serta Google Play.

Menariknya, kelima aplikasi tersebut paling banyak diakses melalui smartphone dengan sistem operasi Android dengan dua merek teratas: Asus dan Samsung. (liz)

Tags: , , , , , ,


COMMENTS