December 9, 2015

Hyundai Ioniq Siap Saingi Toyota Prius di Ranah Mobil Hybrid

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Hyundai Ioniq Siap Saingi Toyota Prius di Ranah Mobil Hybrid  

MOBITEKNO – Setelah isunya beredar sebulan lalu, Hyundai akhirnya mengumumkan nama Ioniq untuk mobil sedan kategori hatchback lima pintu yang menyertakan teknologi hybrid yang selama ini didominasi oleh Toyota Prius.

Berbeda dengan Toyota Prius yang sedang bersiap dengan model barunya, Toyota Toyota ‘Athletic’ 2016 Prius, produsen asal Korea Selatan ini mencoba memberikan diferensiasi pada Hyundai Ioniq.

Menurut kabar yang dilansir dari rilis Hyundai Motor UK, Hyundai Ioniq akan hadir dengan beberapa varian mesin bagi konsumennya, yaitu varian dengan teknologi hybrid, plug-in hybrid, atau battery-electric.

Menurut Hyundai, Ioniq akan menjadi mobil pertama di dunia yang menawarkan opsi mesin mobil, yaitu mesin yang sepenuhnya bertenaga listrik (EV atau electric car), kombinasi mesin combustion dan listrik (hybrid), dan plug-in hybrid dalam satu model desain.

Sayangnya Hyundai tidak menyertakan Ioniq dengan opsi berteknologi hydrogen fuel-cell (FCV/Fuel Cell Vehicle) seperti yang bakal diusung Honda pada mobil sedannya Clarity.

Berbeda dengan Toyota Mirai yang hanya mengandalkan satu teknologi mesin (FCV/Fuel Cell Vehicle), Honda lebih ingin ‘bermain aman’ dengan mobilnya, Clarity, dengan tiga pilihan varian teknologi mesin.

Honda Clarity akan menawarkan pilihan baru berupa varian battery-electric dan plug-in hybrid selain varian Clarity berteknologi fuel-cell vehicle yang akan rilis tahun depan.

Hyundai Ioniq akan dikembangkan berdasarkan sedan subcompact Hyudai Elantra generasi mendatang yang selama ini dikenal dengan sebutan khsusu ‘AE.’

Menurut Woong-Chul Yang, Head of the Hyundai Motor R&D Center, “Hyundai Motor memiliki tradisi untuk membuat kendaraan yang inovatif dan efisien energi. Jadi, Hyndai patut berbangga dengan dikembangkannya mobil ramah lingkungan Ioniq tersebut.”

“Visi kami dalam teknologi kendaraan berpedoman pada pilihan/opsi bagi konsumen sesuai kebutuhan dan gaya hidupnya tanpa berkompromi pada desain dan kenyaman berkendara,” tambah Woong-Chul Yang.

 

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS