September 9, 2015

Google: KitKat Masih Lebih Dominan Dibanding Lollipop

Penulis: Eko Lannueardy
Google: KitKat Masih Lebih Dominan Dibanding Lollipop  

MOBITEKNO – Belum lama ini Google telah memperkenalkan versi Android terbarunya, Android Marshmallow sebagai penerus versi Lollipop. Namun, tahukah Anda seberapa besar Android Lollipop sudah terpasang di perangkat smartphone atau tablet. Hingga sampai September ini, sudah menyentuh angka lebih dari 20%.

Padahal, pada bulan Juni lalu Android Lollipop baru mencapai angka 10%. Tentunya, perhitungan statistik versi Google ini adalah perpaduan Android Lollipop 5.0 dan 5.1. Masing-masing maraih angka 15,9% dan 5%. Yang terbesar adalah Android KitKat, yakni mencapai angka 39,2%.

Android Jelly Bean yang secara kolektif memiliki pangsa pasar 31,8%. Setelah itu, ada "jurang besar" dalam hal jumlah, yakni Android Gingerbread yang hanya meraih angka sebesar 4,1% dan Ice Cream Sandwich berada di posisi 3,7%. Dan terakhir adalah Froyo dengan angka hanya 0,2%.

Perlu diingat bahwa tidak ada laporan resmi seperti ini untuk versi yang lebih lama, karena statistik berasal dari Google Play Store baru yang hanya kompatibel dengan Android 2.2 atau yang lebih baru. Catatan lainnya, setiap versi Android yang didistribusikan kurang dari 0,1% juga tidak ditampilkan.

Terlihat jelas, para produsen smartphone atau tablet Android kini berlomba-lomba untuk membuat lebih banyak perangkat dengan sokongan Android Lollipop. Di saat yang bersamaan, mereka juga berupaya memperbarui perangkat yang sudah ada dipasaran dengan memberikan update Android terbaru.

 

Sumber: Developer Android

Tags: , , , ,


COMMENTS