September 7, 2015

Di New Ford Focus, Ada Banyak Teknologi yang Mendukung Driver Assist

Penulis: Desmal Andi
Di New Ford Focus, Ada Banyak Teknologi yang Mendukung Driver Assist  

MOBITEKNO – Selain mesin Ecoboost 1.5 liter empat silinder yang dapat memberikan tenaga hingga 180 PS dan torsi 240 Nm, New Ford Focus kini hadir dengan fitur keselamatan yang lebih banyak. Fitur keselamatan ini pun terhubung dengan sistem yang ada pada SYNC 2 sehingga pengemudi dapat berinteraksi dengan lebih aman melalui smartphone, mengoperasikan suhu, dan menyalakan sistem hiburan, hanya melalui perintah suara alami.

Untuk fitur keamanannya, kendaraan ini sudah menyempurnakan driver assist system-nya dari versi sebelumnya. Melalui Enhanced Active Park Assist yang sudah dilengkapi Perpendicular Park Assist, kini New Focus tidak hanya membantu pengemudi dalam memarkir kendaraannya secara paralel, tetapi juga dapat keluar dari parkir dengan bantuan sensor-sensor yang ada.

Sistem keamanan ini masih dilengkapi dengan Cross Traffic Alert yang menggunakan tiga peringatan. Dengan demikian, saat keluar dari parkir seri secara otomotis, sensor yang ada dapat mendeteksi sebuah objek yang mendekat , baik dari sisi kiri atau kanan hingga jarak 40 meter.  

“Hanya beberapa tahun yang lalu, banyak teknologi New Focus hanya tersedia di mobil-mobil mewah paling mahal,” ujar mark Rampling, Chief Program Engineer Asia Pacific Ford Focus. “Dengan new Focus kami membuat fitur-fitur ini dapat diakses oleh lebih banyak orang,” tambah Rampling.

Selain bantuan parkir secara otomatis, new Ford Focus juga memiliki teknologi pintar lainnya. Lane Keeping Aid dan Lane Keeping Alert dapat membantu laju mobil di jalan tetap pada jalurnya. Teknologi ini akan mendeteksi perpindahan jalur mendadak secara tidak sengaja. Blind Spot Information System (BLIS) dengan teknologi yang sudah disempurnakan mampu berfungsi sebagai radar di kiri dan kanan mobil, memperingatkan pengemudi jika ada pengendara lain yang berada di area blindsopt.

New Ford Focus juga memiliki Adaptive Cruise Control yang menggunakan radar untuk mempertahankan jarak yang telah ditentukan dengan kendaraan di depannya. Jika berkendara di tol, mobil ini pun memiliki Forward Alert yang bisa memperingatkan kepada pengemudi jika menemukan risiko tabrakan dengan kendaraan di depannya. Forward Alert akan menyiapkan seluruh sistem keamanan termasuk rem untuk memperlambat mobil secara otomatis jika mendeteksi risiko tabrakan ini.

Untuk kebutuhan di dalam kota, kini Ford juga sudah meningkatkan fungsi Active City Stop. Fungsi pencegah tabrakan di dalam kota ini kini dapat berfungsi hingga keceatan 50 km/jam, meningkat dari Ford Focus sebelumnya.

“Kami memastikan bahwa semua fitur ini udah untuk digunakan dan tidak mengganggu sifat fun to drive yang sangat penting bagi Focus,” tutup Rampling.

Tags: , , , ,


COMMENTS