December 6, 2015

Jelang Tutup Tahun, Google Publikasikan Aplikasi dan Game Terbaik di Tahun 2015

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jelang Tutup Tahun, Google Publikasikan Aplikasi dan Game Terbaik di Tahun 2015  

MOBITEKNO – Platform distribusi digital (aplikasi, game, dan content lainnya) Google Play bisa menjadi belantara content digital bagi sebagian pengguna mobile device. Pertumbuhan jumlah content yang semakin cepat, terutama aplikasi dan game, seringkali membuat pengguna smartphone Android kesulitan menemukan content berkualitas yang cocok baginya.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika Google pun setiap tahunnya merilis daftar aplikasi dan game pilihan terbaiknya sepanjang tahun 2015 yang tersisa kurang dari sebulan ini.

Google yang awalnya mengandalkan layanan search engine untuk menjadi perusahaan raksasa digital ini juga membuat daftar album, buku, film, dan tv show terlaris sepanjang tahun 2015 ini. Peru diketahui, tidak semua daftar tersebut berlaku di setiap negara.

Khusus di Indonesia, Google Play hanya menampilkan daftar pilihan terbaik untuk kategori “Aplikasi”, “Game”, dan “Newstand”, serta daftar terlaris untuk kategori “Film Terlaris” dan “Buku Terlaris”.

Apabila sepanjang tahun 2015 ini Anda tidak banyak mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia Android, Pilihan Google Terbaik di tahun 2015 untuk “Aplikasi” dan “Game” bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pilihan secara cepat dan mudah.

Perlu diiingat, pilihan aplikasi dan game terbaik yang ditampilkan di Google Play tersebut tidak selalu sama di antara negara/wilayah tertentu. Misalnya, seperti aplikasi terbaik “GO-JEK”, Bukalapak, atau Traveloka yang tentu tidak akan masuk masuk dalam pilihan aplikasi terbaik Google untuk negara di luar Indonesia.

Begitu pula pilihan Game terbaik, seperti “Duel Otak” atau “BIMA-X” mungkin tidak ada di daftar game terbaik di negara AS, seperti “Alphabear”, “Hearthstone Heroes of Warcraft”, atau “Fallout Shelter”.

Menurut data AppBrain, Google Play saat ini (hingga Desember 2015) sudah menampung sekitar 1,8 juta aplikasi Android atau bertambah hampir 500 ribu aplikasi dibanding tahun lalu. Adapun aplikasi berbayar berjumlah sekitar 200 ribu dari 1,8 juta aplikasi yang ada.

Daftar lengkap Pilihan terbaik Google 2015 bisa ditemukan di website Google Play.

Tags: , , , , ,


COMMENTS