December 4, 2015

Yahoo Messenger Ingin Kembali Diminati di Tengah Sengitnya Persaingan Instant Messenger

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Yahoo Messenger Ingin Kembali Diminati di Tengah Sengitnya Persaingan Instant Messenger  

MOBITEKNO – Menganggap momennya sudah tepat, Yahoo kembali memperkenalkan software messenger klasiknya, Yahoo Messenger, ditengah maraknya instant messenger mobile, seperti WhatsApp, Line, WeChat, hingga Facebook Messenger.

Yahoo mencoba membuat impresi kuat dengan ‘comeback’-nya tersebut dengan mengambil kutipan lirik awal megahit “Hello” dari Adele yang dianggap cukup relevan yaitu “Hello… It’s me. I was wondering if after all these years you’d like to meet.”

Yahoo Messenger sempat mengalami masa kejayaannya di awal 2000-an sebelum akhirnya meredup di tengah munculnya instant messengger untuk platform mobile, sepeti BBM, WhastApp, Line, hingga Telegram yang mengusung fitur-fitur yang lebih inovatif dan menarik.

Apa yang ditawarkan Yahoo Messenger (YM) terbaru ini bagi pengguna web, Yahoo Mail desktop, iPhone, hingga Android agar mau kembali? Menurut Yahoo, selain telah mengintegrasikan Flickr, Tumblr, dan Xobni platform, ada banyak fitur baru yang menjadikan YM siap bersaing dengan messenger populer, seperti WhatsApp atau Facebook Messenger.

Beberapa fitur baru andalannya antara lain, group chatting dan fitur “Unsend” untuk membatalkan pesan yang terlanjur dikirim, as well. Selain itu, hadir juga fitur quick photo sharing, dukungan format GIF, fitur “liking” message, photos, dan offline mode yang akan men-share secara ototmatis pesan saat pengguna terhubung kembali ke Internet.

Yahoo Messenger generasi baru ini memang cukup menarik, tapi pertanyaannya, apakah fitur-fitur ini bisa menjadi ‘magnet’ kuat bagi penggunanya dulu yang telah berpindah ke berbagai messenger populer saat ini?

Pengguna WhatsApp yang hampir mendekati jumlah 1 milyar pasti ada yang tertarik mencoba Yahoo Messenger terbaru. Akan tetapi, migrasi besar-besaran sepertinya mustahil terjadi dalam waktu singkat. Begitu juga dengan messenger lainnya yang jumlah penggunanya jauh di atas Yahoo Messenger.

Selain faktor “killer feature”, alasan lain dari suatu messenger menarik bagi pengguna baru adalah jika memang pengguna tersebut punya kepentingan berkomunikasi dengan teman, kolega, atau keluarganya.

Tertarik kembali menggunakannya? Berikut ini beberapa fitur yang ada pada Yahoo Messenger terbaru:

  • Chat one-on-one atau dalam groups
  • Fitur “Unsend” unutk menghilangkan pesan dan foto dari percakapan (vchatting)
  • Share secara instan dan cepat koleksi foto-foto berkualitas tinggi
  • Swipe gesture untuk melihat koleksi foto
  • Ungkap perasaan dengan animated GIF seperti halnya fitur emoji
  • Fitur “Like” untuk pesan dan foto saat percakapan (chatting)
  • Offline/low connectivity mode (otomatis akan mengiring/share saat pengguna online)
  • Optimal dengan TalkBack

 

Tags: , , ,


COMMENTS