September 4, 2015

Gandeng Microsoft, Health 2i Kembangkan Virtual Medis Manfaatkan Layanan Azure

Penulis: Eko Lannueardy
Gandeng Microsoft, Health 2i Kembangkan Virtual Medis Manfaatkan Layanan Azure  

MOBITEKNO – Health 2i, startup yang berbasis di Singapura merilis Doctor Gratis Plus. Ini adalah sebuah aplikasi mobile yang dirancang untuk memudahkan penggunanya berkonsultasi medis virtual secara real-time. Menariknya, konsultasi yang dilakukan melalui teleconference di jalur yang aman.

Melalui teknologi cloud Microsoft Azure, Doctor Gratis Plus juga menawarkan cara yang aman bagi pasien untuk mengirimkan foto-foto penting, di manapun dan kapanpun. Dengan begitu, aplikasi ini benar-benar bisa membantu para dokter untuk memberikan diagnosa yang akurat dan tepat waktu.

Dr Jacques Durand, co-founder Doctor Gratis sekaligus Direktur Medis dari Health 2i lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno menegaskan bahwa pilihannya untuk bermitra dengan Microsoft menggunakan teknologi cloud Azure. Selain aman, Azure adalah platform yang cepat dan stabil untuk hosting aplikasi Doctor Gratis Plus.

"Aplikasi ini sengaja kami hadirkan dari pengembangan aplikasi sebelumnya yang telah sukses, Doctor Gratis. Harapannya, aplikasi ini bisa menghadirkan pengalaman konsultasi kesehatan online secara cuma-cuma dan bermanfaat bagi penggunanya," ujar Durand.

Awalnya, aplikasi Doctor Gratis diluncurkan pada tahun 2013 dan telah menyediakan 1500 konsultasi gratis setiap harinya. Saat ini, jumlah pelanggan aktif telah menginjak 2 juta pelanggan dan tersebar di 30 negara.

Doctor Gratis Plus adalah layanan premium Health 2i, yang memungkinkan pengguna melakukan pengiriman gambar untuk diagnosis yang lebih mendalam. Platform ini dikembangkan oleh MyOnCallDoc, perusahaan telemedicine yang berbasis di Amerika Serikat.

Doctor Gratis Plus memungkinkan pasien untuk memperoleh akses konsultasi dengan lebih dari 300 dokter dan spesialis kesehatan, dan berencana memperluas jaringannya dengan bermitra dengan beberapa rumah sakit di Indonesia.

Ghita Bahagiatri, psikolog Indonesia yang terdaftar di Doctor Gratis Plus, mengatakan "Melakukan konsultasi dengan video untuk konseling adalah alternatif yang efektif bagi pasien yang malu bertemu psikolog secara pribadi."

Ghita menambahkan “Dengan teknologi cloud racikan Microsoft, Azure, aplikasi Doctor Gratis Plus memungkinkan para dokter yang berbasis di berbagai negara untuk saling terhubung dengan para pasien di seluruh dunia."

Health 2i Pte Ltd sendiri merupakan bagian dari BizSpark, salah satu inisiatif Microsoft yang menyediakan berbagai dukungan bagi startup selama 3 tahun secara gratis, yang meliputi software, layanan, dukungan teknis, dan Azure cloud.

Setiap startup akan memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari program BizSpark jika berusia kurang dari 5 tahun, swasta, dan berpenghasilan kurang dari US$ 1 juta per tahun. Pada akhir tahun ketiga, startup dapat menyimpan semua perangkat lunak yang telah mereka download – tanpa biaya.

Doctor Gratis Plus saat ini tersedia di Google Play Store dan akan segera tersedia di iOS. Biaya berlangganan sebagai anggota Doctor Gratis Plus adalah sebesar US$9,95 per bulan atau US$99 per tahun. Konsultasi gratis masih mungkin dengan meminta kode akses dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS