April 4, 2015

Insinyur Rusia Kembangkan Helm Motor Seperti Helm Pesawat Tempur

Penulis: Desmal Andi
Insinyur Rusia Kembangkan Helm Motor Seperti Helm Pesawat Tempur  

MOBITEKNO – GPS untuk kendaraan roda empat sudah hal biasa dan mudah untuk digunakan. Namun, bagaimana dengan roda dua? Biasanya dibutuhkan bracket khusus di bagian stang untuk meletakkan perangkat GPS. Banyak yang menganggap cara ini tidak praktis dan dapat menimbulkan bahaya saat berkendara karena biker bisa tidak fokus terhadap jalan di depannya karena memerhatikan GPS. Oleh sebab itu, seorang insinyur di Rusia mengembangkan LiveMap, GPS yang dapat diintegrasikan ke dalam sebuah helm khusus.

Ide dasar dari proyek ini berasal dari helm yang biasa digunakan oleh para pilot pesawat tempur. Helm para pilot tersebut memiliki alat navigasi sederhana di dalamnya. “Saya belajar konsep pada helm penerbangan dan memutuskan untuk untuk membuatnya pada helm sepeda motor di masyarakat sipil. Tidak seperti helm pilot untuk mendeteksi target lawan, helm ini bertujuan untuk menampilkan informasi seperti belok kanan atau kiri,” ujar Andrew Artschev, CEO Soundbite untuk LiveMap seperti yang dilansir oleh Reuters. Helm ini memiliki fungus perintah suara (Voice Command) dan berbasis Android. Dengan begitu, biker dapat mengakses informasi navigasi tanpa harus berpaling dari jalan di depannya.

Cara kerja helm ini menggunakan system pantulan dari sebuah pico projector yang terletak di bagian belakang atas helm. Navigasi akan diteruskan ke visor dan dipantulkan ke mata pengendara. Struktur helm sendiri dibuat dari bahan carbon fiber. Saat ini, LiveMap Helm baru sampai tahap prototype yang dibuat dengan printer 3D. LiveMap dikembangkan dengan bantuan biaya dari sebuah department Science di Rusia. Kemungkinan, bila versi finalnya sudah jadi, akan diresmikan di Amerika Serikat pada bulan Mei  dan akan dipasarkan mulai bulan Agustus dengan harga US$ 2000 untuk setiap helm-nya.

Tags: , , , ,


COMMENTS