August 3, 2015

Enlighten, Deteksi Lampu Lalu-Lintas dari Dalam Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Enlighten, Deteksi Lampu Lalu-Lintas dari Dalam Kendaraan  

MOBITEKNO – Apa yang terjadi jika kondisi lampu lalu-lintas di depan kendaraan dapat diketahui langsung dari dalam kendaraan? Tentu saja hal ini memudahkan pengemudi dalam berkendara di sebuah jalanan kota besar. Masalah inilah yang mendorong Matt Ginsberg, CEO dan founder Connected Signals merancang aplikasi traffic light untuk kendaraan yang dapat melihat apakah di depan lampu menyala hijau, kuning, atau merah.

Aplikasi yang dinamakan Enloghten ini juga didesain dapat bekerjasama dengan iOS dan Android. Antarmuka aplikasi ini juga tampil sangat sederhana. Sebuah lingkaran merah, kuning, atau hijau menunjukkan keadaan lampu lalu-lintas. Sebuah fungsi countdown juga ada di bawahnya sehingga pengemudi tahu berapa lama lampu merah menyala sebelum hijau.

Namun, agar fungsi ini dapat bekerja mulus, dibutuhkan dukungan infrastruktur khusus dari sebuah kota agar dapat berkomunikasi dua arah. Saat ini, Portland, Oregon, dan Salt Lake City sudah mendukung penuh sistem ini. Aplikasi dalam kendaraan akan berkomunikasi central system di kota.

Sistem deteksi lampu lalu-lintas ini ternyata menarik perhatian BMW. Perusahaan mobil asal Jerman ini berencana akan mengintegrasikannya ke dalam iDrive System sehingga pengemudi dapat mengontrolnya melalui sistem iDrive. Sensor yang ada di mmobil juga dapat terintegrasi, terutaa untuk lampu sein penanda berbelok ke kiri atau ke kanan.

Sumber: popsci

Tags: , , ,


COMMENTS