December 2, 2015

Rangkul Lebih Banyak UKM Tanah Air, XL Luncurkan Layanan DigiBiz

Penulis: Eko Lannueardy
Rangkul Lebih Banyak UKM Tanah Air, XL Luncurkan Layanan DigiBiz  

MOBITEKNO – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian negara. Oleh karena itu PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM ini dengan menyiapkan layanan khusus, yaitu solusi bisnis “DigiBiz”.

Layanan berbasis teknologi digital yang didedikasikan untuk UKM ini diresmikan langsung oleh Presiden Direktur XL, Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (2/12). Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Deputi Bidang PJU Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi, dan Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Mustofa Romdloni.

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan DigiBiz merupakan platform yang bersifat solusi digital guna mendukung para pelaku usaha UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Harapannya, hingga akhir tahun depan setidaknya 20 ribu UKM sudah bisa memanfaatkan DigiBiz.

Untuk tiga tahun ke depan, XL menanamkan investasi sebesar kurang lebih Rp 500 miliar untuk mengembangkan solusi bagi kalangan UKM ini. Dalam pengembangannya lebih lanjut, XL juga merangkul kalangan perbankan dan lembaga jasa keuangan, serta juga komunitas UKM di berbagai daerah untuk menyiapkan solusi digital finansial bagi UKM.

Solusi DigiBiz ini terutama ditujukan bagi pelaku UKM yang memang memiliki kesadaran untuk menggunakan teknologi digital guna membangun bisnisnya. Selain itu juga pada pengusaha UKM yang paham dengan teknologi, atau setidaknya yang memandang perlu untuk mencoba.

Secara garis besar, DigiBiz menawarkan tiga manfaat, yakni Product Solution, Business Solution dan Network. DigiBiz juga akan memudahkan pelaku UKM mengakses layanan internet cepat 4G LTE. Tersedianya layanan internet cepat dan stabil akan bermanfaat bagi pelaku usaha terutama dalam operasional juga promosi melalui beraneka format, terutama video.

Keuntungan lain yang akan didapatkan pelaku UKM yang memanfaatkan DigiBiz adalah mendapatkan produk “jumpStart”, yaitu solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang baru memulai usahanya. Produk ini terdiri dari solusi Virtual Telephony “XL Mobex”, dengan harga mulai dari Rp 800 ribu per UKM.

Selanjutnya dengan memanfaatkan Digibiz, pelaku usaha juga akan mendapatkan layanan “Usahawan”. Layanan ini akan memudahkan pelaku usaha dalam membangun sebuah website guna mendukung usaha bisnisnya. Kemudian mereka juga akan mendapatkan manfaat dari produk “leapFrog”, yaitu solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang ingin dengan cepat memperluas target pasarnya.

Manfaat berikutnya bagi pengusaha UKM yang memanfaatkan solusi Digibiz adalah produk “goGrow”, solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang ingin melakukan efisiensi pada operasional nya. Produk ini berupa layanan “XL You See”, yang dapat dijangkau dengan harga mulai dari Rp 800 ribu per UKM.

Dari beberapa layanan yang sudah ada, saat ini XL sudah memiliki pelanggan dari kalangan UKM sekitar 250 pelaku usaha yang tersebar di berbagai daerah. Melalui program kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah, XL juga telah mendukung komunitas UKM antara lain di Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS