October 1, 2015

Dampak Kasus Emisi, VW Recall 11 Juta Unit Kendaraan Bermesin Diesel

Penulis: Desmal Andi
Dampak Kasus Emisi, VW Recall 11 Juta Unit Kendaraan Bermesin Diesel  

MOBITEKNO – Dampak dari kasus yang menimpa Volskwagen mengenai kecurangan dalam pengukuran emisi gas buang, perusahaan otomotif ini melakukan penarikan (recall) terhadap seri TDI Diesel sebanyak 11 juta unit. Penarikan ini guna memperbaiki kesalahan yang ada pada software pengukur emisi gas buang.

Langkah penarikan ini tentu memakan biaya yang cukup besar. Seperti yang dilaporkan Reuters melalui Motorauthority, Volkswagen mengeluarkan biaya hingga US$ 6,5 miliar.

Menurut pihak Volkswagen, mobil-mobil yang akan ditarik ini akan dipasangkan software baru agar bisa menyesuaikan dengan standar emisi yang berlaku di daratan Amerika dan eropa. Tidak jelas, apakah dalam proses perbaikan ini ada beberapa hardware yang diganti atau tidak, selain software. Namun, langkah ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pelanggan VW dan image salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia ini.

Raksasa otomotif Jeran ini kini sedang menghadapi berbagai tuntutan hukum dari konsumennya yang merasa telah tertipu. Di Amerika saja, besarnya gugatan bisa mencapai US$ 18 miliar. Namun, VW tetap melayani konsumennya secara terus enerus untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Bahkan perusahaan ini menyediakan website khusus di vwdieselinfo.com untuk para konsumennya yang mencari informassi seputar kendaraan VW yang mengalami masalah.  

Sumber: motorauthority

Tags: , , ,


COMMENTS