May 30, 2024

BATAS Terima Investasi dari Achmad Zaky Foundation, Dukung Pendidikan Anak Usia Dini 0-6 Tahun

Penulis: Desmal Andi
BATAS Terima Investasi dari Achmad Zaky Foundation, Dukung Pendidikan Anak Usia Dini 0-6 Tahun 

Mobitekno – BATAS, platform holistik yang berfokus pada pembelajaran anak di bidang akademis, teknologi, seni, sains dan olahraga baru saja menerima investasi dari Achmad Zaky Foundation. Seperti yang kita ketahui bersama, pendidikan anak usia dini, terutama di masa emas 0-6 tahun merupakan hal yang begitu penting untuk menentukan masa depan anak. Hal inilah yang mendorong Achmad Zaky melalui Achmad Zaky Foundation (AZF) melakukan investasi di BATAS. Hal ini dilakukan juga sebagai bentuk dukungan untuk BATAS yang tidak hanya hadir sebagai platform pendidikan holistik, tetapi juga menekankan pengembangan kemampuan teknologi, seni, sains, dan olahraga dengan mengacu pada nilai-nilai Al-Quran.

BATAS, yang didirikan pada tahun 2021, telah berkembang menjadi mercusuar inovasi di bidang pembelajaran Al-Quran dan Islam. Awalnya, BATAS berfungsi sebagai platform komprehensif yang menggunakan metode Fun Learning untuk memperkenalkan anak-anak dan orang tua pada pembelajaran Al-Quran. Melihat perkembangan yang positif dalam beberapa tahun terakhir, BATAS kini ingin memperluas peran dan posisinya sebagai Faith-Based Education and Educative Entertainment.

Ekspansi ini melibatkan berbagai inovasi, seperti BATAS Learn & Play, sebuah program after school yang berfokus pada pengembangan minat dan bakat dengan mengedepankan nilai-nilai Islam yang terdapat di Al-Quran. Program ini akan menyelenggarakan kelas-kelas pengembangan bakat seperti memanah, berenang, seni, sains, matematika, kelas bahasa Arab, serta kelas tahfidz dan mengaji. Selain itu, BATAS akan meluncurkan BATASpace, sebuah ekosistem yang menawarkan pengalaman mengenal Islam dan Al-Quran melalui teknologi imersif yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Yang tidak kalah penting, BATAS juga akan memperkenalkan program Pre-School dengan konsep Purposeful Learning Environment, yang dinamai Happy Hope, yang mengintegrasikan pendekatan kreatif dengan nilai-nilai Islami.

Achmad Zaky Foundation memutuskan untuk berinvestasi di BATAS berdasarkan keyakinan bahwa masa keemasan anak, yaitu usia 0-6 tahun, merupakan periode yang sangat krusial untuk pertumbuhan otak dan pengembangan kognitif, emosional, dan sosial. Investasi ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pendukung bagi anak dan orang tua guna memaksimalkan potensi anak agar menjadi sumber daya unggul yang akan meningkatkan daya saing dan potensi Indonesia di masa depan.

Achmad Zaky
Aplikasi BATAS

Investasi dari Achmad Zaky Foundation Karena BATAS Peduli pada Pendidikan Usia Dini

Pentingnya pendidikan anak usia dini, terutama selama usia emas 0-6 tahun, tidak dapat diragukan lagi. Penelitian menunjukkan bahwa otak berkembang sangat cepat selama tahun-tahun formatif ini, dengan 90% pertumbuhan otak anak terjadi pada usia lima tahun. Masa ini sangat penting untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial. Menurut studi oleh Harvard Center on the Developing Child, pengalaman awal mempengaruhi arsitektur otak dan memiliki dampak jangka panjang pada kemampuan anak untuk belajar, beradaptasi dengan perubahan, dan menangani kesulitan.

“Investasi kami di BATAS merupakan salah satu portofolio untuk menghadirkan platform pendidikan yang holistik bagi anak dan orang tua. Kami ingin menciptakan ekosistem pendukung yang lengkap, holistik, namun juga menyenangkan bagi anak dan orang tua. Kami ingin metode belajar, baik dalam materi akademis, kecerdasan emosional, sosial, maupun pengembangan diri, menjadi sesuatu yang semakin menarik dan dinikmati dalam setiap prosesnya,” ujar Achmad Zaky, Founder Achmad Zaky Foundation.

Issyarah Feah, CEO dan Pendiri BATAS, menambahkan, “Di BATAS, kami berkomitmen untuk meningkatkan lanskap pendidikan dengan mengintegrasikan teknologi dengan ajaran Islam yang inklusif dan abadi. Terinspirasi oleh hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, ‘Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalannya, kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak yang shaleh yang selalu mendoakan (untuknya)’ (HR. Muslim no. 1631). Dengan dukungan dari Achmad Zaky Foundation, kami siap memberikan dampak besar bagi kehidupan anak-anak Indonesia. BATAS berusaha untuk menumbuhkan dan membentuk ekosistem Muslim yang mendorong saling mendukung, menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, dan berfungsi sebagai sumber pahala jariyah bagi para orang tua dan semua pemangku kepentingan yang terlibat dengan BATAS.”

BATAS, yang juga didukung oleh para angel investor terkemuka seperti Bembi Juniar (salah satu pendiri grup Hijra Alami), Ratna Monika (pendiri Rolling Stone Indonesia), Adi Panuntun (pendiri Sembilan Matahari), dan Febrinda Wulandari (pengusaha), menegaskan komitmen bersama terhadap visi dan misinya. Para investor ini tidak hanya memberikan dukungan finansial tetapi juga keahlian dan jaringan yang tak ternilai untuk mendorong BATAS mencapai tujuannya. Dengan dukungan yang beragam dan berpengalaman ini, BATAS siap membuat langkah signifikan dalam mewujudkan visinya di masa depan. Ekspansi BATAS diperkirakan akan rampung pada kuartal ketiga hingga akhir tahun ini.

Dengan dukungan dari Achmad Zaky Foundation dan para investor, BATAS siap menghadirkan inovasi-inovasi baru yang akan memperkuat posisinya sebagai platform pendidikan holistik yang tidak hanya fokus pada kemampuan akademis, tetapi juga pengembangan karakter dan kemampuan lain yang sejalan dengan nilai-nilai Islami. Langkah ini diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi pendidikan anak-anak di Indonesia, terutama pada masa-masa awal yang sangat penting untuk perkembangan mereka.

Tags: , , ,


COMMENTS