Kurusetra: Game Mobile RPG Khusus untuk iOS

Tanggal : Kamis, 23 April 2015 - 08:35 WIB
Penulis : Desmal Andi




MOBITEKNO - Ya, menurut Alexander Budiman (ALex), Founder dan CEO Qajoo Studio, game ini dikembangkan dan dibuat terlebih dahulu untuk sistem operasi iOS. Jadi, hanya iPhone dan iPad yang dapat memainkan Kurusetra. Namun kedepannya, sangat memungkinkan untuk membuatnya dalam versi Android. Pernyataan ini diungkapkan Alex di sela-sela peluncuran Kurusetra pada tanggal 22 April 2015, di Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia, Jakarta.

Kurusetra The Mighty War sendiri merupakan game online berjenis Role Playing Game (RPG) dengan mengedepankan lima tokoh pahlawan yang mempresentasikan kekayaan budaya lokal. Kelima tokoh tersebut adalah Satria, Kandini, Trisna, Anom, dan Juna. Tokoh-tokoh dalam Kurusetra ini dapat menggambarkan kemauan dari para pemainnya. 

Game ini dikembangkan selama 2 tahun. Lamanya proses tersebut karena ada banyak tahap yang harus dilakukan oleh Qajoo Studio sampai Kurusetra siap dimainkan. Selain menyiapkan konsep, proses coding, dan membuat potongan suara, yang tersulit adalah tahap desain 2D dan 3D. Ada banyak variasi dalam tahap desain ini. Hasilnya, ada 2.000 potongan animasi dalam Kurusetra.

Melalui Kurusetra The Mighty War, Qajoo Studio ingin menunjukkan kepada para pembuat game lainnya dan gamers bahwa para tenaga-tenaga ahli dari Indonesia sanggup membuat dan merancang sebuah game yang bagus. Kurusetra juga dijadikan sebagai standar game baru bagi para pengembang game lokal sehingga diharapkan ke depannya akan tumbuh lagi game-game lainnya dengan standar yang lebih tinggi dari Kurusetra.

Tim pengembang sendiri melibatkan 20 orang dari Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta, yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Tim 20 yang semuanya lulusan perrguruan tinggi lokal ini juga menjadi tim inti untuk pembuatan Kurusetra.

Saat ini, Kurusetra The Mighty War bisa di-download gratis dari Apple Store untuk Iphone dan iPad. Karena online, Kurusetra bisa dimainkan dimana saja, termasuk dapat mengalihkan kebosanan saat melakukan perjalanan jauh.