November 24, 2016

Toyota Kembangkan Baterai Lithium-Ion dengan Durasi Pemakaian yang Lebih Lama

Penulis: Desmal Andi
Toyota Kembangkan Baterai Lithium-Ion dengan Durasi Pemakaian yang Lebih Lama  

MOBITEKNO – Toyota baru saja mengumumkan bahwa perusahaan otomotif tersebut telah mendirikan satu unit khusus yang akan mengembangkan produk-produk untuk mobil listrik. Dengan demikian, hal ini membuktikan perusahaan asal negeri Sakura tersebut bersikap serius dalam menghadapi kompetisi mobil listrik. Di unit tersebut Toyota akan mengembangkan lebih lanjut baterai untuk mobil listrik untuk beberapa tahun ke depan dan akan berinovasi untuk menawarkan baterai dengan durasi pakai 15 persen lebih jauh dari baterai-baterai yang ada saat ini.

“Bateraai Lithium-ion merupakan kunci teknologi di industri mobil listrik. Dan kami telah melakuan hal tersebut untuk mengembangkan teknologi ini dengan performa yang lebih baik,” kata Hisao Yamashige, peneliti teknologi baterai di Toyota, seperti dikutip dari Uber Gizmo.

Untuk urusan baterai mobil listrik ini, tidak hanya Toyota yang mengembangkan baterai dengan kemampuan yang baik dan lebih efisien. Banyak perusahaan mobil dan perusahan baterai melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan Toyota ini.

Saat ini para engineer Toyota telah dapat melihat secara real time bagaimana lithium ion bergerak di dalam elektroda dengan menggunakan teknik yang dikembangkan bersama dengan empat universitas di Jepang dan satu laboratorium khusus yang didanai pemerintah. Dengan demikian para engineer dapat mengembangkan desain baru pada baterai lithium ion dengan kualitas yang lebih baik dari sekarang.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES