November 12, 2016

Google: 2 Miliar Perangkat Sudah Terpasang dengan Browser Chrome

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google: 2 Miliar Perangkat Sudah Terpasang dengan  Browser Chrome  

MOBITEKNO – Memiliki search engine dan sejumlah layanan lain yang diakses berjuta-juta orang setiap harinya mungkin hanya bisa dilakukan oleh Google atau Alphabet sebagai induk perusahaannya.

Kehadiran browser Chrome di beragam platform (Windows, Linux, MacOS, Android, iOS, ChromeOS) dan multi-device semakin memperkokoh posisinya sebagai browser paling favorit saat ini. Tidak mengherankan juga jika pada akhirnya, Chrome berhasil melewati kepopuleran browser IE dari Microsoft sebagai browser terpopuler sejagat.

Kejayaan Chrome tampaknya masih terus berlanjut seperti yang dilaporkan Google baru-baru ini di ajang Chrome Dev Summit 2016. Devin Fisher, Engineering VP Chrome, menyatakan bahwa browser Google Chrome telah terpasang di sekitar 2 miliar perangkat, baik mobile dan desktop.

Angka dua miliar ini tergolong penggunaan browser Chrome secara aktif. Enam bulan lalu, Google sudah melaporkan bahwa brower Chrome telah digunakan secara aktif oleh 1 miliar pengguna setiap bulannya. Pengguna aktifnya tentu sudah bertambah di bulan November ini, meski Google tidak membuat laporan spesifik menyangkut hal tersebut di ajang Chrome Dev Summit 2016.

Chrome browser pertama kali diluncurkan Google pada tahun 2008 untuk platform Windows. Sejak itu, Chrome akhirnya suda ada di berbagai platform, seperti Android, iOS, macOS, hingga Linux.

Selain Chrome yang sudah digunakan 1 miliar pengguna per bulannya (MAU/monthly active user), Google telah memiliki enam produk atau layanan lainnya yang telah menembus 1 miliar penguna. Keenamnya antara lain Android OS, Gmail, Google Play Store, Maps, Search, dan YouTube.

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES