October 25, 2016

Review Apple iPhone 7 Plus: Kamera Menjadi Keunggulan Utama

Penulis: Desmal Andi
Review Apple iPhone 7 Plus: Kamera Menjadi Keunggulan Utama  

MOBITEKNO – Awal September 2016 lalu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir resmi untuk para pencinta iPhone. Hadir dalam dua varian, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, produk terbaru dari Apple ini membawa berbagai kelebihan dibandingkan varian sebelumnya. Mobitekno berkesempatan menguji Apple iPhone 7 Plus silver yang memiliki dual camera di akhir September kemarin. Apple iPhone 7 Plus yang kami uji memiliki storage 32 GB dan berwarna silver.

Apple iPhone 7 Plus hadir dengan bentang layar yang cukup besar, yaitu 5,5 inci dengan resolusi layar 1080 x 1920 pixel, beda dengan iPhone 7 yang memiliki ukuran layar 4,7 inci. Yang membedakan iPhone 7 Plus dengan iPhone 7 selain ukuran layar adalah kamera. Ya, fitur dual kameranya yang memiliki resolusi 12 MP mampu menangkap gambar dengan baik. Apalagi fitur canggih seperti OIS, phase detection, dan dual LED flash mendukung fungsi kamera untuk menghasilkan hasil foto terbaik.

Apple iPhone 7 Plus juga hadir dengan desain yang stylish, tidak berbeda dengan seri pendahulunya yaitu 6S. Namun, ada perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri 6S, yaitu tidak adanya lagi port audio di bagian bawah serta penggunaan tombol Home yang sudah tidak menggunakan sistem mekanik. Jadi, dengan hanya menyentuh dan sedikit menekan (tidak sekeras menakan tombol Home di seri sebelumnya), tombol Home sudah bisa bekerja dan menampilkan berbagai icon dari aplikasi yang ada di dalamnya.

Kelengkapan

Saat paket Apple iPhone 7 Plus datang ke meja redaksi Mobitekno, kemasan paketnya terlihat besar, menyesuaikan ukuran layar. Warna putih khas Apple hampir ada di seluruh bagian kemasan. Mobitekno sendiri menguji iPhone 7 Plus dengan warna silver.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kelengkapan yang ada di dalam kemasan Apple iPhone 7 Plus:

  1. Unit Apple iPhone 7 Plus
  2. Adaptor dengan konektor pipih
  3. Earphone dengan konektor lightning, bukan jack 3,5 mm lagi
  4. Kabel Lightning yang berfungsi untuk charger dan transfer data
  5. Konverter dari konektor Lightning ke Port audio 3,5 mm
  6. Ejector.

Desain

Dari sisi desain, sebenarnya tidak ada yang berubah banyak dibandingkan dengan iPhone 6S. Hanya saja, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada iPhone 7 Plus (dan iPhone 7) tombol Home hadir dalam bentuk yang lebih modern, tidak menggunakan sistem mekanis sehingga cukup dengan tekanan ringan sudah bereaksi.

Dengan bentang layar 5,5 inci, proporsi bagian atas dan bawah layar cukup seimbang. Di bagian atas terdapat kamerea depan yang memiliki resolusi 7 MP. Sementara di tengahnya terdapat lubang speaker untuk bertelepon. Di sisi atasnya berbentuk agak melengkung, tidak flat sehingga nyaman untuk dipegang.

Beralih ke bagian bawah. Di sini letak perbedaan yang sangat terlihat jika dibandingkan versi sebelumnya. Tidak ada lagi port audio di bawah. Semuanya menjadi satu menggunakan port lightning. Selain itu, tombol Home-nya dibuat selaras dengan bodinya dengan lingkaran bezel tipis di sisi tombol Home tersebut.

Di bagian bawah ini, posisi port audio yang ada di seri sebelumnya digantikan dengan speaker. Jadi, iPhone 7 Plus memiliki dual speaker yang dapat menyajikan audio lebih baik dan keras. Posisinya seimbang di sisi kiri dan kanan port lightning.

Di sisi samping kiri terdapat tombol volume atas dan volume bawah serta satu tombol switich untuk mode diam atau bersuara. Sementara di sisi kanan terdapat satu tombol power dan slot untuk SIM card.

Balik iPhone 7 Plus sehingga terlihat sisi belakangnya. Logo Apple terlihat jelas di bagian tengah atas. Nah, keunggulan smartphone ini ada di bagian belakang. Dual kamera berwarna hitam tampak jelas di bagian kanan atas di sisi belakang. Dual kamera ini masih ditemani dengan quad LED flash. Oya, di iPhone 7 Plus ini garis antena yang sebelumnya terlihat memanjang di bagian belakang kini sudah tidak ada lagi. Apple mengubah desain dan alur antena untuk smartphone ini.

Tidak hanya di sisi smartphone yang Mobitekno sorot, tetapi juga kelengkapannya. Untuk earphone, tidak ada yang berubah. Hanya saja, kini menggunakan lightning sebagai konektornya. Sementara bagi yang ingin menggunakan earphone atau headphone dengan port 3,5 mm, Anda harus memanfaatkan konverter yang disediakan Apple dalam paketnya.

Fitur & Performa

Kamera dan fotografi memang yang paling diunggulkan dari Apple iPhone 7 Plus ini. Dengan dual kameranya, Anda bisa mendapatkan objek yangg detail dengan fokus sesuai keinginan pemiliknya. Ditunjang dengan prosesor Apple A10 Fusion Quad Core 2.23 GHz dengan dipadukan sistem operasi iOS 10.0.1, membuat foto dan video dengan smartphone ini menjadi cepat. Tidak ada lag saat berpindah dari satu objek ke objek lainnya. Bahkan, saat diuji menggunakan mode panorama, objek yang ditangkap begitu cepat. Kami bahkan memutar smartphone dengan cukup cepat. Berbeda dengan smartphone kebanyakan yang harus secara perlahan-lahan serta mengikut garis pandu saat mengambil gambar dalam mode panorama.

Dual kamera di iPhone 7 plus memang terdiri dari satu kamera dengan kemampuan wide angle dan satu lagi dengan kemampuan tele. Kamera dengan wide angle memiliki aperture f/1.8. Sementara kamera telenya memiliki aperture f/2.8. Kedua kemara yang memiliki resolusi 12 MP ini juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilization sehingga dapat menangkap gambar dengan detail walaupun dalam kondisi kamera sedikit bergerak. Sementara kamera depannya memiliki aperture f/2.2 dengan resolusi 7 MP.

Layarnya yang berukuran 5,5 inci dengan LED backlit IPS LCD Full HD mampu menampilkan semua objek gambar dengan jelas dan detail. Dengan retina display, kepadatan pixel di layar iPhone 7 Plus ini mencapai 401ppi. Jadi, objek yang ditampilkan di layar sangat tajam, cerah, dan tentunya memuaskan bagi para fotografer.

Satu hal yang menarik adalah Apple iPhone 7 Plus memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan standar IP67. Smartphone ini juga memiliki fitur sidik jari yang sensitif, menyatu dengan tombol Home. Saat kami coba, fitur fingerprint ini bekerja cukup sensitif dan mendukung dari berbagai arah. Jadi, Anda tidak perlu menekan sidik jari terlalu kencang. Cukup tempelkan sidik jari Anda di tombol Home, perintah yang diintegrasikan ke sidik jari akan langsung aktif.

Sistem operasi terbaru pada iOS 10.0.2 yang digunakan dalam iPhone 7 Plus juga cukup membawa perubahan dalam hal pengoperasian. Bahkan, di iOS 10 ini untuk mengoperasikan kamera menjadi lebih mudah. Dalam keadaan layar terkunci, Anda cukup menggeser ke kiri dan fungsi kamera pun langsung aktif.  Jika screen lock di geser ke kanan, akan muncul berbagai widget yang sudah Anda atur sebelumnya. Fungsi keamanan pun cukup baik. Selain bisa menggunakan fitur sidik jari, di iOS 10 Anda bisa menggunakan opsi keamanan 6 digit angka PIN untuk mengamankan iPhone.

Walaupun kami menguji dengan iPhone yang memiliki storage kecil, yaitu 32 GB, kami merasa tidak kurang dalam hal tempat penyimpanan file. Jika pengguna cerdik, manfaatkan saja layanan iCloud untuk menyimpan file, terutama foto-foto.

Dalam hal baterai, iPhone 7 Plus sudah menggunakan baterai berkapasitas 2.900 mAh. Kapasitasnya sedikit lebih besar dari seri 6. Dengan kapasitas sebesar ini, smartphone dapat digunakan seharian dalam sekali charge untuk aktivitas normal. Namun, jika digunakan dengan frekuensi pengambilan foto atau video yang cukup sering, iPhone 7 Plus ini menjadi lebih boros. Wajar, karena semua hardware akan bekerja keras jika digunakan untuk kebutuhan foto dan video, terutama di bagian GPU.

 

Performa

Untuk hal performa, Mobitekno hanya menggunakan Antutu Benchmark. Nilai atau skor yang didapat cukup tinggi. Tidak heran karena iPhone 7 Plus sudah menggunakan chipset an RAM yang lebih besar dan baik. Berikut ini hasil pengujian Antutu dan hasil foto dari iPhone 7 Plus.

Antutu:

 

Contoh Foto:

Spesifikasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Apple iPhone 7 Plus memiliki spesifikasi yang bagus sehingga dapat menunjang aktivitas pemiliknya sehari-hari. Berikut ini spesifikasi Apple iPhone 7 Plus:

Layar 5,5 inci IPS LCD 1080×1920 pixel retina display
Sistem Operasi iOS 10.0.2
Prosesor Apple A10 Fusion Quad Core 2.23 GHz
RAM 3 GB
Kamera 12 MP (dual kamera belakang); 7 MP (depan)
Baterai 2.900 mAh Lihitum-ion
Storage 32/128/256 GB internal
Jaringan GSM / 4G / LTE / EVDO / CDMA
Kartu SIM Nano SIM Card
Komunikasi dan fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Bluetooth v4.2, NFC
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Dimensi 158.2 x 77.9 x 7.3 mm
Berat 188 gram
Warna Jet Black, Black, Silver, Gold, Rose Gold

 

Kesimpulan

Walau tampil dengan desain yang tidak berubah banyak dibandingkan iPhone 6S Plus, tetapi perubahan yang dibawa cukup signifikan, terutama dari sisi sitem operasi dan tidak adanya port audio. Namun, hiangnya port audio ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena Apple sendiri membawa konektor dari port Lightning ke port audio 3,5 mm dalam sebuah kabel audio yang pendek. Jadi, headphone kesayangan yang menggunakan port 3,5 mm masih dapat digunakan dengan nyaman.

Dari sisi pengoperasian juga sedikit berubah, terutama dalam hal penggunaan tombol Home yang baru. Kini, dengan engine taptic, tombol Home tidak bekerja secara mekanis lagi. Cukup dengan sentuhan atau tekanan ringan, sistem sudah akan merespon. Bagi pengguna iPhone sebelumnya, perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan sistem baru yang ada di tombol Home ini.

Fitur yang paling menonjol dalam iPhone 7 Plus tentu saja kamera. Kamera belakangnya memang kami akui memiliki performa yang baik. Bahkan, saat digunakan dengan suasana minim cahaya, hasilnya memuaskan. Efek bokeh? Tidak kalah dengan DSLR. Penggunaan dual kamera ini membuat efek bokeh menjadi terlihat sempurna.

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga. Selain harganya yang cukup mahal bagi kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia, ketidakhadiran port audio membuat smartphone ini tidak bisa digunakan dengan earphone atau headphone saat sedang melakukan pengisian baterai. Kecuali, Anda menambahnya dengan aksesori tambahan yang menyediakan dua port lightning di dalamnya.

Perbandingan desain dan ukuran, dari Kiri ke kanan: iPhone 6, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES