October 19, 2016

Review HP EliteOne 800 G2 23-Inch (Touch Screen): AiO Tangguh Bidik Pebisnis

Penulis: Hiro
Review HP EliteOne 800 G2 23-Inch (Touch Screen): AiO Tangguh Bidik Pebisnis  

MOBITEKNO – PC All-in-One (AiO) dikenal sebagai suatu perangkat komputer desktop lengkap dengan desain yang praktis. Dengan komponen komputer yang menyatu di bagian belakang monitor, tidak hanya membuatnya tampilannya menjadi lebih ringkas dan menarik, namun juga praktis dan cocok ditempatkan pada meja atau ruang dengan ukuran kecil.

Guna memenuhi kebutuhan komputasi bisnis yang beragam, HP menghadirkan jajaran PC AiO dari salah satu variannya di kelas Elite melalui seri HP EliteOne 800 G2 23-Inch. Seri ini memiliki beberapa tipe yang ditawarkan dengan spesifikasi berbeda. Sekedar informasi, spesifikasi dari PC AiO yang MobiTekno terima merupakan seri dengan spesifikasi tertinggi yang telah dipersenjatai dengan prosesor Intel seri terbaru yaitu Intel Core i7 generasi keenam, Skylake.

Tidak hanya menawarkan spesifikasi tinggi, seri ini juga hadir dalam versi non-touch screen alias tidak memiliki fungsi layar sentuh dan PC AiO yang MobiTekno terima adalah versi layar sentuh-nya. Menyasar pengguna bisnis, apa saja keunggulan yang dimilikinya? Berikut ini ulasannya.

Kelengkapan

Paket PC All-In-One dari Hewlett-Packard (HP) ini datang dengan ukuran paket yang cukup besar. Saat dibuka, semua isi paket disusun dengan rapi dan dilindungi dengan busa pelindung yang bisa memberikan perlindungan terhadap benturan.

Setelah dibuka, berikut isi dari paket yang ada di HP EliteOne 800 sebagai berikut:

  1. EliteOne 800 G2 23 inch Touch Screen
  2. Penyangga Layar PC
  3. Slim Bluetooth Keyboard
  4. Bluetooth Mouse
  5. Kabel Power
  6. Installer dalam beberapa CD
  7. Manual Book

Penyangga Layar PC

Desain & Ergonomi

Layaknya PC AiO kebanyakan, HP memiliki desain seperti sebuah monitor biasa yang dilengkapi dengan mouse dan keyboard. Dengan ukuran layar yang besar otomatis membuat dimensinya juga cukup besar. Bobotnya juga terbilang berat.  Dengan didominasi warna silver dan hitam di bagian bezel layar, membuatnya terlihat kokoh.

Selain spesifikasi yang mumpuni, PC AiO ini makin mantap dengan digunakannya monitor berukuran 23 inci. Ukuran ini akan memuaskan untuk aktifitas yang butuh layar besar bagi kebutuhan bisnis hingga multimedia, seperti menampilkan file spreadsheet, desain grafis, sampai video definisi tinggi. Menggunakan jenis IPS dengan dukungan resolusi full HD, layar sentuhnya sudah mendukung hingga 10 titik sentuhan secara bersamaan.

Untuk urusan multimedia, keluaran suara dilengkapi dengan speaker di bagian depan dengan teknologi audio dari Bang & Olufsen untuk mendapatkan suara yang jernih. Tidak ketinggalan terdapat pula fitur Webcam yang terpasang di bagian tengah atas yang memiliki switch untuk melindungi kamera saat tidak digunakan.

Speaker dari Bang & Olufsen

Sebagai penopang, dilengkapi dengan penyangga kokoh yang bisa diatur hingga kemiringan tertentu. Penyangga ini menggunakan metode yang bisa dipasang dan dilepas. Pertama kali saat dibuka, Anda mesti memasangnya sendiri. Dengan bobot penyangga serta monitor yang tergolong cukup berat, pemasangan memang agak merepotkan. Untungnya, cara memasangnya mudah dan tidak membutuhkan baut atau sekrup. Anda tinggal menempatkan penjepit ke lubang di belakang monitor dengan benar dan pas maka penyangga sudah bisa langsung menopang monitor tersebut. Selain itu, bagian belakang monitor mendukung standar Vesa yang kompatibel dengan bracket khusus pihak ketiga sehingga bisa dipasang di dinding.

Penyangga

Karena merupakan satu paket PC desktop, sudah disertakan pula keyboard dan mouse nirkabel sehingga membuat penggunaannya lebih nyaman karena tidak terganggu oleh belitan kabel. Kedua periferal ini juga nyaman digunakan.

Dari sisi konektivitas, PC AiO ini menyediakan beragam koneksi yang lengkap. Anda akan menjumpai dua port USB 3.0, USB Type C, card reader serta port audio di sisi kiri sehingga memudahkan pengguna untuk menjangkaunya. Sedangkan bagian belakang tersedia empat port USB 3.0, DisplayPort 1.2, RJ-45, audio (line-out), dan koneksi analog berupa serial dan PS/2. Disertakan pula perangkat optical drive berupa DVD writer untuk kebutuhan baca tulis di media CD dan DVD.

Port dan DVR Room/writer

Fitur

Menyasar segmen bisnis membuat PC AiO ini menawarkan fitur pendukung bagi kebutuhan tersebut. Yang paling menonjol adalah dari sisi keamanan. Pengguna bisnis memang mengutamakan keselamatan data, dan ini terlihat dari penggunaan chipset pada motherboard berupa chip Intel Q170. Chipset ini telah terintegrasi dengan berbagai fitur keamanan serta proteksi bagi pelindungan data yang merupakan hal sangat vital bagi pebisnis. Diantaranya fitur-fitur seperti Intel SIPP. Intal vPro Technology, Intel Smart Response, Intel Small Business Advantage, dan Intel Small Basics.

Anda juga akan menemukan fitur fingerprint reader yang jika diaktifkan akan membatasi akses dari orang tertentu. Fitur ini terdapat di sisi kanan bersebelahan dengan perangkat optical drive, DVD writer. Fingerprint memang memiiki proteksi yang lebih tinggi dibanding hanya sekedar password yang lebih bisa ditembus dibanding sidik jari. Selain itu, fitur keamanan ini ditenggarai lebih praktis dan cepat dibanding password yang membutuhkan daya ingat penggunanya.

Meski menyasar pengguna bisnis, HP HP tetap menyertakan fitur pendukung bagi kebutuhan multimedia. Hal ini dipertegas dengan adanya tulisan di bagian depan atas layar yaitu Bang & Olufsen yang merupakan produsen audio ternama. Teknologi audio ini telah disematkan guna mendapatkan keluaran suara yang jernih. Bahkan pengguna bisa melakukan pengaturan secara manual melalui aplikasi DTS Studio Sound. Dari sini pengguna bisa mengutak-atik keluaran suara yang sesuai dengan selera telinga Anda.

Secara default, PC AiO ini sudah terpasang sistem operasi Windows 7 Professional 64-bit. Meski demikian, paket penjualannya juga menyertakan DVD untuk upgrdae ke Windows 10 Professional 64-bit. Pilihan ini memang menjadi nilai tambah dimana kebutuhan serta kebiasaan pengguna yang berbeda. Hanya saja agar penggunaan layar sentuh menjadi lebih maksimal, ada baiknya Anda langsung mengupgrade ke Windows 10 yang memiliki dukungan teknologi serta fitur yang lebih modern dan baru.

Upgrade ke Windows 10

Performa

Dengan spesifikasi yang terbilang tinggi, HP EliteOne G2 memang diperuntukkan bagi berbagai aplikasi kompleks. Untuk melihat performanya secara umum, Mobitekno menggunakan aplikasi PCMark 8 untuk melihat kinerja keseluruhan berbasis prosesor serta  Cinebench R15 yang akan mensimulasikan kinerja prosesor dalam me-render sebuah obyek 3D.

Menggunakan mode Home Accelerated, PCMark 8 menghasilkan skor 4196. Untuk mode Creative Accelerated skornya 4520 dan pada mode Work Accelerated yang mensimulasikan aplikasi produktivitas berbasis office, hasilnya lebih tinggi yaitu 4845.  Skor ini menunjukkan kinerja yang cukup baik dan mumpuni untuk urusan tersebut.

Untuk pengujian menggunakan aplikasi Cinebench R5, kinerja berbasis prosesornya menghasilkan skor 816 cb, terpaut tipis dengan Intel Core i7-4770K yang memiliki clock lebih tinggi. Sedangkan kinerja berbasis OpenGL-nya memiliki skor tertinggi dari rata-rata ranking yang ada. Skor AMD Radeon R9 ini terpaut cukup jauh dengan peringkat di bawahnya yaitu Quadro K4000M yang diperuntukkan bagi kebutuhan desain atau aplikasi-aplikasi spesialis CAD atau engineering.

PC AiO ini diperuntukkan bagi kebutuhan pebisnis, namun karena menggunakan chip grafis tambahan, tidak sreg rasanya jika Mobitekno tidak menguji performa chip tersebut dalam menjalankan aplikasi berbasis game. Mobitekno coba menjalankan game berjenis first person shooter yaitu Battlefield 4. Pada pengaturan otomatis, Battlefield 4 langsung mendeteksi kualitas grafisnya ke pilihan Medium pada resolusi 1920×1080 60Hz dengan mode Fullscreen. Dari pengaturan ini, game tersebut mampu mencapai perolehan skor sekitar 41 – 52 fps.

Spesifikasi

PC AiO yang Mobitekno uji kali ini ini memiliki nama lengkap HP EliteOne 800 G2 23-Inch (Touch Screen) yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Prosesor/CPU Intel Core i7-6700 (base 3,4 GHz, turbo 4,0 GHz)
RAM/Memori 8 GB DDR4-2133 MHz
Grafis AMD Radeon R9 A360 (2 GB)
Layar 23 inci, IPS (1980 x 1080 pixels) touch-screen 10-point capacitive
Media Storage 1 TB HDD 7200 RPM SATA-III
Nirkabel Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.1
Port Kiri: USB 3.0 (2), USB Type C, headphone, microphone, 4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)

Kanan: fingerprint reader

Belakang: USB 3.0 (4), DisplayPort 1.2, RJ-45, audio (line-out), serial, PS/2

Sistem Operasi Windows 7 Professional 64-bit (upgrade Windows 10 Pro 64-bit)
Dimensi 567,2 x 59 x 392,7 mm
Berat 6,84 kg
Lain-lain Keyboard dan mouse nirkabel, Webcam 2 MP Full HD, DVD writer, audio Bang & Olufsen

Seperti yang disebut sebelumnya, penggunaan chip Intel Core i7-6700 merupakan varian tertinggi yang dimiliki seri HP EliteOne 800 G2. Chip ini merupakan prosesor Intel Core generasi keenam dengan nama kode Skylake yang memiliki base clock 3,4 GHz dan bisa digenjot hingga 4,0 GHz berkat fitur Turbo Boost.

Untuk memori RAM-nya juga sudah menggunakan jenis SODIMM DDR4-2133 MHz dengan kapasitas 8 GB. Dengan ketersediaan dua slot memori, Anda masih bisa melakukan upgrade memori hingga kapasitas 32 GB. Namun proses upgrade ini harus dilakukan langsung di service centre resmi mengingat fisik PC AiO yang tidak bisa dibuka sembarangan.

Untuk urusan grafis, ternyata telah disematkan chip tambahan yaitu AMD Radeon R9 A360 dengan kapasitas memori sebesar 2 GB. Chip ini berada di kelas menengah dan diklaim mampu menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis lebih berat. Ini tentu merupakan nilai tambah yang membuat kinerja keseluruhannya menjadi lebih tangguh jika dibanding hanya menggunakan chip grafis bawaan Intel.

Kesimpulan

Dikala kebutuhan notebook masih banyak diperlukan serta kehadiran tablet cukup menggoda, HP menawarkan perangkat PC All-in-One bagi mereka yang sering bekerja di belakang meja. HP EliteOne800 G2 hadir dengan beragam tawaran menarik. Dari sisi fisik, perangkat ini akan membuat tampilan di meja menjadi lebih lapang berkat ukurannya yang tidak sebesar PC desktop biasa. Desain keren tersebut ditunjang dengan spesifikasi mumpuni sehingga cocok digunakan untuk segala aktivitas komputasi modern, mulai dari urusan bisnis, profesional, hingga multimedia.

Selain fisik yang ringkas, salah satu keunggulan PC AiO adalah konsumsi daya yang lebih rendah dibanding PC desktop. Dan sebagai penunjang digunakan power supply dengan daya sebesar 200 watt.

Meski hanya menyertakan sistem operasi Windows 7, Anda tetap bisa mendapatkan dukungan untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis dengan disertakannya keping DVD yang tersedia dalam paket penjualannya. Keyboard dan mouse nirkabel pun sudah lengkap ada pada paket penjualannya sehingga Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu membeli aksesori tambahan.

HP EliteOne 800 G2 23-Inch dibanderol dengan kisaran harga Rp20 jutaan yang terbilang cukup tinggi. Meski hal ini terbilang wajar mengingat peruntukkannya bagi segmen bisnis yang mengutamakan kinerja tinggi serta fitur keamanan guna menunjang aktivitas mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES