October 4, 2016

Kenali Jenis Bunga ala ‘Shazam’ dengan Aplikasi Microsoft Flower Recognition

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kenali Jenis Bunga ala ‘Shazam’ dengan Aplikasi Microsoft Flower Recognition  

MOBITEKNO – Mengidentifikasi lagu yang sedang didengar sekaligus penyanyinya sangat mudah dilakukan dengan aplikasi Shazam atau SoundHound. Namun, bagaimana jika Anda seorang yang pengemar bunga tapi penasaran dengan jenisnya? 

Baik Shazam dan SoundHound memang bisa membantu Anda mencari tahu suatu lagu, tapi berkaitan dengan urusan untuk mengetahui jenis bunga ada beberapa aplikasi khusus yang berguna bagi Anda penggemar bunga.

Saat ini sudah ada beberapa aplikasi mobile (iOS dan Andorid) yang telah tersedia untuk mengidentifikasi jenis bunga dan tanaman. Biasanya pengguna cukup memotret tanaman tersebut, selanjutnya aplikasi tersebut akan melakukan identifikasi  secara otomatis (manual) dan langsung (tidak langsung).

Beberapa aplikasi yang bisa disebutkan di sini, misalnya PlantSnapp, ‘LikeThat Garden’, FlowerChecker, Plantifier, Leafsnap, NatureGate, dan iPflanzen. Ada pula aplikasi Google Goggles yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi objek, bukan hanya sebatas tanaman atau bunga tapi juga objek yang tidak dikenal (unknown object) lainnya.

Terakhir raksasa software, Microsoft, melalui unit Microsoft Garage baru saja mengumumkan software hasil pengembangan software-nya bersama ahli botani Tiongkok (Chinese Academy of Sciences atau IBCAS) dalam sebuah ‘flower recognition project’.

Pada prinsipnya software (baru tersedia untuk iOS) dapat mengidentifikasi jenis bunga dengan cpat dan mudah layaknya penguna mengidentifikasi suatiu lagu dengan aplikasi Shazam atau SoundHound.

""

Dinamakan Smart Flower Recognition System, kedua pihak sepakat untuk bekerjasama menyumbakngkan sumber dayanya untuk menciptakan sistem pengenalan bungan yang anadal. Microsoft dengan teknologi image-recognition-nya akan ‘melahap’ sekitar 2,6 juta gambar bunga dari database IBCAS.

Selanjutnya, teknologi yang didukung jaringan 20-layer convolutional neural akan mencoba mengidentifikasi jenis bunga yang yang dengan algortitam yang sudah dikembangkan di dalamnya. Dengan koleksi data bunga yang sudah ‘ditamam’ ini, aplikasi Flower Recognition bukan hanya bisa mengenal bunga mawar, matahari, atau melati tapi juga berbagai jenis bunga unik lainnya.

Menurut Zheping Xu, Asisten Direktur IBCAS, “engine flower-recognition ini, bukan hanya para ahli saja yang dapat mengetahui distribusi tanaman di Cina, tapi juga berguna bagi orang awam dalam menambah pengetahuannya tentang bunga.”

Aplikasi ‘Flower Recognition’ yang baru saja dirilis oleh Microsoft Garage ini baru tersedia untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch (iOS 8.2 atau lebih baru). Versi Android saat ini masih dalam pengembangan direncakan akan segera menyusul.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES