September 26, 2016

Dikabarkan Masih Bergulat, Twitter Diincar Banyak Perusahaan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dikabarkan Masih Bergulat, Twitter Diincar Banyak Perusahaan  

MOBITEKNO – Kabar tentang Twitter yang terus berinovasi di tengah stagnannya pertumbuhan dan profit akhirnya membawa perusahaan layanan komunikasi dan microblogging tersebut ke isu pengambilalihan. Beberapa perusahaan kakap diketahui berminat membeli startup yang sudah berdiri satu dekade ini.

Menurut CNBC, setidaknya Google dan perusahaan cloud, Salesforce.com, saat ini sedang terlibat pembicaaraan dengan Twitter menyangkut wacana pembelian perusahaan tersebut.

Penawaran Google untuk membeli Twitter bisa dipahamai karena sepak terjang bisnsi raksasa search engine tersebut selama ini. Namun, minat salesforce (Salesforce.com) untuk membeli perusahaan media sosial tersebut cukup mengundang perhatian banyak pihak.

Pasalnya Salesforce lebih dikenal sebagai perisahaan yang lebih memfokuskan bisnisnya di layanan enterprise berbasis cloud yang sedikit berbeda dengan bisnis Twitter.

Selain kedua perusahaan ini, menurut pantauan TechCrunch, baik Microsoft dan Verizon juga menunjukkan minat untuk mengakuisis Twitter. Seperti Google, Verizon sebelumnya juga diketahui berninat dengan Twitter. Alasan Microsoft pada Twitter diperkirakan tidak jauh berbeda dengan Salesforce karena keduanya sama-sama punya kepentingan di layanan cloud. 

Seperti halnya perusahaan yang diminati banyak pihak, konsekuensi naik turun harga saham Twitter akan menjadi bagian dari strategi masing-masing  perusahaan peminat. Misalnya saja, Microsoft mungkin bakal ‘menggoreng’ harga Twitter untuk mencegah pembelian oleh Salesforce.

Apa pun yang terjadi nanti, munculnya beberapa calon pembeli telah berkontribusi medongkrak harga saham twitter hingga 20 persen dan diperkirakan masih terus meningkat secara konstan hingga ‘deal’ terjadi atau tidak terjadi.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES