September 6, 2016

ASUS ROG G752VS: Berkat Chip Graphics GTX 1070, Laptop Ini Tawarkan Performa Gaming Setara Desktop

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
ASUS ROG G752VS: Berkat Chip Graphics GTX 1070, Laptop Ini Tawarkan Performa Gaming Setara Desktop  

MOBITEKNO – Laptop gaming kian menarik dari tahun ke tahun. Berkat inovasi dan kreativitas para desainer dan teknisi notebook, kesenjangan (gap) performa antara laptop gaming dan PC desktop gaming kian mengecil.

Meski hukum fisika termodinamika tetap membuat performa sebuah PC desktop gaming tetap akan selalu di atas laptop gaming, berbagai inovasi baru dan mengecilnya performance gap di antara keduanya membuat produk-produk laptop gaming terbaru saat ini kian menarik, bukan hanya bagai para gamer modern tapi juga konsumen lainnya.

Salah satu satu contohnya adalah laptop gaming ASUS ROG G752VS yang telah diperkuat dengan chip graphics berbasis arsitektur Pascal 16 nm, yaitu Nvidia GeForce GTX 1070 (DDR5 8 GB). Menarik diketahui di sini adalah tidak adanya huruf ‘M’ yang menyertai nama dari chip graphics laptop G752VS tersebut. Apakah performanya bakal setara graphics card GTX 1070 desktop patut diketahui nanti saat benchmarking-nya secara langsung.

ASUS G752VS merupakan lini notebook gaming terbaru di 17,3 inci dengan resolusi Full-HD (1920 x 1080 pixel). Tersedia pula opsi panel layar lebih tinggi, dengan resolusi 4K Ultra HD (3840 x 2160 pixel). Kedua jenis panel layar berjenis IPS (In-Plane Switching) ini juga telah mendukung teknologi Variable Refresh Rate NVIDIA G-Sync agar gameplay berjalan lebih mulus (menurunkan efek tearing dan lag).

Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia, menyatakan, “Kehadiran notebook gaming ROG G752VS semakin mempertegas komitmen ASUS untuk selalu mempersembahkan gaming machine yang mumpuni bagi kalangan gamer.”

“ASUS ROG G752VS dirancang dengan berbagai macam pembaruan dari aspek dapur pacu. Pada prosesor digunakan Intel Core i7-6820HK generasi ke-6 (8M Cache, Turbo 3.60 GHz, Overclock 4 GHz). Prosesor ini datang dalam kondisi unlock sehingga sehingga memberikan opsi untuk dapat di-overclock” tambah Juliana.

Sistem pendinginan pada ROG G752 dirancang menggunakan teknologi dual copper (menggunakan dua kipas dan pendinginan berbahan tembaga) untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas. Kipas pendinginnya juga telah dipasang di GPU dan CPU untuk memaksimalkan efisiensi kinerja.

Cooling system ASUS ROG G752VS juga tidak kalah komplit. Terdapat tiga buah heatpipe (pipa pengalir panas) yang mengarah langsung ke GPU untuk selanjutnya dibuang panasnya ke belakang laptop bukan ke samping ataupun bawah.

Solusi pendinginan kedua diklaim ASUS merupakan pertam diterapkan di notebook gaming adalah sistem bernama 3D Vapor Pipe Chamber. Teknologi ini bekerja saat mendeteksi suhu panas berlebihan pada komponen CPU dan GPU. Panas tersebut akan dinetralisir oleh cairan (liqiud) yang terdapat pada ruang uap vapor tersebut.

ASUS ROG G752VS juga memiliki solusi manajemen panas Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur ini berguna membuang debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas sehingga tidak menempel pada heatpipe. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari cooling sytem.

Keyboard ASUS ROG G752VS telah mendukungn fitur Anti Ghosting keyboard yang memungkinkan para gamer menekan hingga 30 tombol pada waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan.

Pada paket pembelian ASUS ROG G752VS disertakan juga bundling ekstra/gratis ROG Bagpack, ROG Gaming Mouse, dan ROG Headset bagi pemebeli. ASUS ROG G752VS sudah dapat dibeli konsumen di Indonesia bersama sistem operasi Windows 10 seharga Rp 59.299 juta.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES