September 1, 2016

Review Coolpad Max Dual Space: Bikin File Pribadi Anda Lebih Aman

Penulis: Desmal Andi
Review Coolpad Max Dual Space: Bikin File Pribadi Anda Lebih Aman  

MOBITEKNO – Smartphone berukuran layar 5,5 inci besutan Coolpad ini hadir pada pertengahan Mei 2016. Berbeda dengan kebanyakan smartphone, seperti namanya, Coolpad Max Dual Space memiliki dua User Interface (UI) di dalamnya. UI pertama tampil dengan mode umum (general) dan UI satunya lagi dengan mode private (rahasia) sehingga UI kedua ini cocok untuk menyimpan file-file pribadi yang tidak ingin diakses oleh orang lain dengan mudah.

Smartphone flagship dari Coolpad ini juga tidak hanya mengandalkan dual space dalam meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Kemampuan lain yang ada di dalamnya tidak bisa dibilang rendah. Bahkan, dengan desainnya yang stylish, Coolpad Max Dual Space terlihat modern dan bisa menemani gaya hidup anak muda saat ini.

Kemampuan lainnya juga Mobitekno acungi jempol karena dibekali dengan hardware yang cukup tangguh, mulai dari prosesor, memori, hingga GPU. Untuk lebih detailnya, silakan ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Berbeda dengan smartphone lain yang lebih mengutamakan desain kompak pada kemasannya, Coolpad Max Dual Space hadir dengan kemasan cukup mewah. Dengan kotak kemasan berwarna hitam dan berbentuk pipih, paket Coolpad Max Dual Space ini berisikan:

  1. Unit smartphone Coolpad Max Dual Space
  2. SIM Card Injector
  3. Hard Case Tambahan
  4. Earphone
  5. Adaptor
  6. Kabel Micro USB
  7. Lapisan anti gores.

Desain

Coolpad Max Dual Space hadir dengan layar 5,5 inci. Namun, layar ini masih menyisakan sedikit frame di samping kiri dan kananya. Hal ini karena layarnya sudah menggunakan curve design 2.5 D. Dengan desain lengkung ini, membuat smartphone terlihat lebih elegan. Layarnya juga menggunkan proteksi Corning Gorilla Glass sehingga cukup kuat untuk menahan berbagai goresan.

Di bagian atas dan bawah juga terdapat ruang sekitar 1 cm. Ruang di bagian atas digunakan untuk menempatkan kamera depan dan speaker. Namun di bagian bawah tidaak terdapat fungsi apapun.

Desain sudut-sudutnya juga melengkung. Yang menarik dan membuat smartphone ini terlihat stylish adalalah bodinya yang terbuat dari bahan metal. Apalagi di bagian yang menempel dengan layar, bodinya terlihat lebih halus sehingga tampak seperti bazel. Kemudian di bodi sampingnya juga terdapat dua garis yang memanjang ke belakang sehingga tampilannya menjadi lebih modern.

Bodi sampingnya juga didesain tidak flat, sedikit melengkung dari bodi atas ke bodi bawah. Di bagian atasnya terdapat port audio untuk kebutuhan multimedia yang dapat memanjakan telinga penggunanya. Sementara di bagian bawahnya terdapat port Micro USB untuk transfer data dan proses pengisian listrik. Di samping port USB terdapat lubang speaker phone. Tombol power berada di sisi kanan, semantara tombol volume up dan volume down berada di sisi kiri.

Beralih ke bagian belakang, selain terdapat kamera utama dan lampu fash LED, diletakkkan pula sensor sidik jari di bagian tengah dengan desain melingkar. Desain bagian belakang cukup minimalis dengan logo Coolpad berukuran kecil sehingga desain keseluruhan terlihat lebih elegan.

Menariknya, di dalam paketnya juga disertakan hard case tambahan untuk menambah perlindungan smartphone dari benturan yang tidak diinginkan.

Fitur

Ada banyak fitur yang dibenamkan dalam Coolpad Max Dual Space. Namun, yang menjadi fitur kunci adalah dual space, area dengan UI yang lebih privasi untuk menjaga kerahasiaan file dan data Anda. Menariknya, ruang privasi ini bukan berupa duplikat dari UI utamanya yang bersifat umum. Jadi, Anda bisa memasukkan beberapa account media sosial lainnya yang berbeda dari UI general.

Akses ke dual space cukup dilakukan dengan men-tap icon berbentuk kunci. Ruang ini bisa ditambah keamanannya dengan password atau bahkan sidik jari. Sama seperti UI utamanya, di dalam UI yang bersifat pribadi ini, pengguna juga dapat mengoperasikan berbagai hal dengan cara yang sama. Jadi, di sini faktor keamanan yang diutamakan.

Bagaimana dengan fungsi sidik jarinya? Fitur ini bisa menjadi salah satu yang diunggulkan Coolpad Max Dual Space. Sistem kerjanya cukup responsif. Tidak perlu ditekan terlalu dalam, fitur sudah bekerja. Asalkan, sidik jari Anda dalam keadaan kering. Dalam keadaan sedikit basah, sensor agak susah untuk membacanya. Selain itu, sidik jari juga bisa digunakan di banyak aplikasi.

Selanjutnya beralih ke bagian kamera. Kamera utamanya berkemampuan 13 MP dengan dual Tone LED Flash. Dengan demikian, dalam kondisi kurang cahaya, LED Flashnya sangat membantu untuk mendapatkan detail pada objek foto. Kamera depannya juga tidak kalah mumpuni dengan 8 MP. Efek yang disediakan memang tidak terlalu banya. Namun, Anda diberikan fitur Video GIF untuk membuat video sederhana berformat GIF yang bisa digunakan sebagai profil picture di berbagai media sosial. Hasil kameranya pun terlihat detail dan jelas, terutama saat digunakan di dalam ruangan yang cukup cahaya. Dari jarak jauh pun, kameranya mampu menangkap objek dengan jelas.

Dengan CoolUI 8.0, Coolpad Max Dual Space tampil dengan nuansa yang temaram. Icon-icon di dalamnya tampil kalem dengan sedikit warna saja. Dengan demikian, cukup nyaman untuk dilihat. Namun, jika Anda ingin icon lainnya, Anda bisa mendapatkannya di bagian Themes.

Dalam menjaga data pribadi penggunanya, smartphone ini juga akan mengenkripsi data yang ada di ruang privasi. Data dan berbagai file di dalamnya pun akan aman.

Semua fitur tadi dapat bekerja sempurna berkat ditanamkannya berbagai hardware yang menunjang. Coolpad Max Dual Space ditenagai oleh prosesor Snapdragon 617 MSM8952 Onta Core 1,5 GHz 64 bit. Sementara untuk RAMnya berkapasitas 4 GB, cukup lega untuk membuat smartphone ini menjalankan banyak aplikasi. Storage internalnya pun terbilang besar, yaitu 64 GB. Namun, hal ini masih bisa ditambah dengan adanya slot dual SIM Card Hybrid. Jika Anda hanya menggunakan satu SIM Card, satu slot lagi bisa digunakan untuk Micro SD hingga 64 GB.

 

Performa

Hardware yang mumpuni ditambah kapasitas memori serta storage yang besar membuat aplikasi-aplikasi di dalamnya dapat berjalan dengan lancar. Selama digunakan Mobitekno dengan menjejali smartphone ini aplikasi-aplikasi media sosial, ecommerce, hingga video editing, semuanya bisa berjalan cukup lancar.

Namun, untuk llebih jelasnya, berikut ini hasil pengukuran dengan Antutu 3D Benchmark, GeekBench 4, dan GFX Bench. Di bagian bawahnya juga kami sertakan foto-foto hasil jepretan kamera smartphone ini.

Antutu:

Geekbench 4:

GFX Bench:

 

Contoh Foto:

Spesifikasi

Kemampuan yang andal juga tidak lepas karena didukung dengan spesifikasi yang mumpuni. Oleh sebab itu, agar pembaca Mobitekno bisa lebih mengenal apa saja yang ada di dalam Coolpad Max Dual Space, berikut ini spesifikasi yang diambil dari website resminya.

OS Android 5.1 (Lollipop)
UI CoolUI 8.0
Layar IPS 5.5 Inches, 2.5D Curved Edge Glass, Corning Gorilla Glass 4
Resolusi Full HD 1920 x 1080 (~401 ppi)
Kamera 13 MP AF Rear Camera, Dual Tone LED Flash + 8 MP FF Front Camera, Samsung ISOCELL CMOS Sensor
Jaringan 4G, WCDMA (900/2100MHz), GSM (900/1800/1900MHz), Dual Nano SIM
CPU Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952 Octa-Core Processor (1.5GHz), 64 Bit Processor
RAM 4 GB
Storage 64 GB
Eksternal MicroSD Card (Up to 64 GB), OTG Supported
Baterai 2800 mAh Li-Polymer (Non Removable), Fast Charging Supported
Dimensi 152 X 75.5 X 7.6 mm, 170 gr
Warna Gold and Rose Gold

 

Kesimpulan

Untuk menunjang gaya hidup dan aktivitas kaum muda yang selalu sibuk dalam pekerjaannya, smartphone ini cocok untuk menemani Anda. Fungsi Dual Space nya bisa digunakan untuk menjaga file-file atau dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan. Fungsi enkripsinya bisa menjadi andalan dalam sisi keamanan yang ditawarkan Coolpad dalam smartphone ini.

Namun, bukan berarti smartphone ini hanya bisa diajak untuk aktivitas yang serius. Dengan kemampuan kamera serta didukung prosesor dan RAM yang andal, Coolpad Max Dual Space bisa menemani Anda untuk selalu terhubung ke berbagai rekan melalui account media sosial. Kameranya bisa diandalkan untuk menangkap objek dengan detail dan jelas. Kinerjanya pun tidak lambat berkat kemampuan RAMnya yang sudah 4 GB.

Dari sisi desain, smartphone ini memiliki desain yang stylish. Hanya saja, karena seluruh bodinya terbuat dari bahan metal, beberapa orang yang sempat Mobitekno temui untuk merasakan smartphone ini mengatakan agak licin. Namun, berkat disediakannya tambahan hard case di dalam paketnya, Anda bisa menggunakannya. Desain hard case nya juga tidak membuat penampilan smartphone ini menurun.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES