June 4, 2015

Teknologi Masa Depan BMW Dapat Prediksi Keadaan Tempat Parkir

Penulis: Desmal Andi
Teknologi Masa Depan BMW Dapat Prediksi Keadaan Tempat Parkir  

MOBITEKNO – Produsen kendaraan asal Jerman ini memang terus melakukan inovasi terutama untuk teknologi-teknologi yang akan dimanfaatkan di masa depan. Di event TU-Automotive Detroit selama dua hari, 3-4 Juni 2015, BMW menunjukkan sebuah proyek yang sedang dilakukannya dalam hal mendeteksi keadaan tempat parkir. TU-Automotive merupakan ajang pameran yang menampilkan teknologi-teknologi connected car.

Proyek yang dinamakan Dynamic Parking Prediction ini nantinya akan membuat semua pengemudi lebih mudah dalam mencari tempat parkir di perkotaan yang sudah mendukung teknologi ini. Dalam merancang teknologi prediksi parkir ini, BMW memanfaatkan peta digital yang up to date. Dengan peta ini, semua lokasi parkir dapat ditampilkan dalam layar.

Informasi keberadaan dan situasi tempat parkir berasal dari ribuan mobil yang terhubung dalam sistem yang dibuat BMW ini. Sistem akan mencatat saat mobil-mobil ini masuk atau keluar dari area parkir. Dari data yang dikumpulkan ini, pengemudi bisa mencari area mana saja yang baru ditinggalkan atau sedang diisi oleh sebuah mobil.

Teknologi saling berbagi informasi dalam kendaraan ini diyakini BMW dapat menambah tingkat pelayanan parkir di sebuah kota. Semakin banyak mobil yang terkoneksi, data akan semakin akurat. Untuk menerapkan teknologi informasi parkir ini ke banyak, BMW akan melakukannya dalam beberapa tahun ke depan.

Namun, BMW telah membangun mobil khusus untuk menguji teknologi prediksi parkir ini. Bekerjasama dengan Inrix, BMW berhasil membuat mobil prototipe pertama yang dilengkapi teknologi prediksi parkir pada seri i3. Bahkan, sebuah tes telah berhasil dilakukan BMW di kota Munich.

 

Sumber: autoguide

Tags: ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES