Uji Performa Kendaraan: HOKI Test Drive Hyundai XCIENT dan All New Mighty

Tanggal : Jumat, 24 November 2017 - 08:00 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi




MOBITEKNO - PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku APM Hyundai Truck & Bus Indonesia baru saja memberi kesempatan kepada awak media untuk menguji langsung  Heavy Duty Dump Truck Hyundai XCIENT dan Light Duty Cargo Truck All New Hyundai Mighty yang pernah dipamerkan di ajang GIIAS 2017 lalu.  

Test drive yang diadakan di proyek perumahan Citra Indah, Cileungsi, Jawa Barat ini sengaja dipilih untuk medan yang beragam, mulai jalan aspal, jalan beton, jalan tanah, hingga medan off road. Sementara kedua kendaraan tersebut juga sengaja diberi beban sungguhan. Hyundai XCIENT diberi beban tanah pasir seberat 10 ton, sementara untuk Truck All New Hyundai Mighty diberi beban muatan semen sebanyak 200 sak atau seberat 8 ton.

“Lokasi Proyek Perumahan Citra Indah ini sengaja dipilih agar para media bisa merasakan Hyundai XCIENT di jalan aspal dan tanah, sedangkan Hyundai Mighty hanya di jalan aspal. Tidak hanya datar, namun trek juga memiliki tanjakan, yang memungkinkan pengetesan performa dengan beban,“ ujar Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager HOKI, Rabu (22/11/2017).

Sesuai dengan fungsinya, Hyundai XCIENT Dump Truck diuji dengan mengangkut tanah, sementara Hyundai MIGHTY Cargo mengangkut semen sebanyak 200 sak. Menurut Ari, muatan semen tersebut seharusnya 7 ton standarnya, namun ternyata sampai 8 ton, yang artinya sudah melebihi standar.

Meski demikian, menurut Ari setelah dilakukan uji coba oleh beberapa awak media termasuk Mobitekno, ternyata semua beban tadi masih membuat pengendalian truck terasa nyaman. “Saat mengemudi masih tersasa nyaman,” tegas  Ari selepas mencoba kendaraan tersebut. Hal yang sama dirasakan juga oleh Mobitekno yang turut menguji truck tersebut. 

Sementara untuk  XCIENT, menurut Ari, bebannya masih belum maksimal. Menurutnya XCIENT masih bisa membawa muatan seberat 13 ton. Ketika Mobitekno mencoba membawa kendaraan truck yang lebih besar ini, ternyata kendali memang terasa nyaman. Hal itu juga diamini oleh pengemudi Truck yang diajak menjadi pendamping media saat test drive berlangsung.

Menurut pengemudi Truck yang langsung "diambil" dari lokasi proyek tersebut, dibandingkan dengan yang lain, XCIENT jauh lebih nyaman dikendarai meski dengan beban dan medan yang berat.

Pengujian juga dilakukan di jalan beraspal dan tanah. Ternyata, performa Hyundai Mighty di jalan beraspal yang memiliki kontur tanjakan cukup tangguh. Pengujian pun dilakukan dengan membawa beban sebenarnya.