Review Haier Leisure L7: Desain Kelas Atas, Harga Kelas Bawah

Tanggal : Rabu, 22 November 2017 - 08:18 WIB
Penulis : Desmal Andi


Review Haier Leisure L7: Desain Kelas Atas, Harga Kelas Bawah

MOBITEKNO - Smartphone Haier Leisure L7 hadir resmi pada sekitar bulan Juni 2017 lalu. Brand Haier sendiri sebelumnya lebih sering terdengar bagi para pelanggan sebuah operator di Indonesia karena menjadi smartphone bundling. Kini, Haier tampil percaya diri tampil di pasar smartphone Indonesia tanpa bergantung lagi pada bundling operator.

Smartphone berukuran layar 5,5 inci ini sebenarnya hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Desainnya juga stylish dengan membawa jenis permukaan layar 2.5D serta dilapis dengan bahan metal di seluruh bodinya menjadi daya tarik tersendiri bagi smartphone yang berada di segmen harga RP 2 jutaan.

Namun,  apakah hanya itu saja fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh Haier Leisure L7? Tentu saja tidak. Oleh sebab itu, ada baiknya baca ulasan Mobitekno mengenai smartphone ini setelah mencobanya dalam beberapa minggu.

 

Kelengkapan

Tidak diduga, smartphone Haier Leisure L7 ternyata memiliki desain boks yang cukup mewah. Tidak seperti smartphone lain yang kebanyakan menggunakan boks dengan desain agak tinggi, Haier Leisure L7 memiliki boks kemasan kotak persegi pipih dengan warna biru di sekelilingnya.

Setelah dibuka, tampak unit smartphone mengambil tempat setengah dari kapasitas boksnya. Setengahnya lagi berisi berbagai kelengkapan yang dibawa oleh smartphone ini. Apa saja kelengkapannya?

  1. Unit smartphone Haier Leisure L7 berlayar 5,5 inci
  2. Screen Protector, sehingga pengguna tidak perlu lagi mencari pelindung layar.
  3. Softcase transparan.
  4. SIM Card ejector.
  5. Buku garansi dan petunjuk singkat
  6. Earphone berwarna putih.
  7. Kabel data yang berfungsi juga sebagai kabel charger.
  8. Adapter AC to DC.

 

Desain

Unit smartphone Haier Leisure L7 yang datang ke Mobitekno mimiliki warna Rose Gold. Warna ini membuat penampilan smartphone terlihat cukup elegan. Desain sudutnya yang melengkung ditambah dengan penggunaan fitur 2.5D pada layar depan membuat bagian depan smartphone terlihat styliish. Sisi kiri dan kanan layar 5,5 inci yang nyaris tanpa bezel juga membuat genggaman tangan pada smartphone menjadi lebih nyaman dan erat karena banyak bagian smartphone yang terjangkau oleh telapak tangan Anda.

Di bagian depan, selain layar berkemampuan Full HD 1080x1920 pixel,terdapat juga kamera depan yang berkekuatan 5 MP ditambah dual LED flash. Semua itu tampil sejajar dengan sensor proximity dan speaker phone di bagian tengah. Tiga tombol utama, yaitu Home, Recent, dan Back tampil dalam mode soft button.

Tombol volume dan power diletakkan pada sisi kanan smartphone dengan besar dan posisi penempatan yang nyaman untuk dijangkau. Navigasi terhadap kedua tombol ini pun menjadi lebih mudah dan cepat. Di sisi kiri praktis hanya ada slot Dual SIM Card. Untuk menggeluarkannya, Anda bisa menggunakan SIM Card Ejector yang sudah disediakan dalam paket pembeliannya.

Beralih ke bagian atas, di sini terdapat dua lubang berukuran sedikit lebih besar dan kecil. Yang agak besar berfungsi sebagai slot untuk earphonejack 3.5. Sementara lubang yang sangat kecil berfungsi sebagai mikrofon.

Sementara itu, di bagian bawah, terdapat slot catu daya untuk pengisian daya smartphone yang diapoit oleh dua lubang speaker di sisi kanan dan kirinya.  Oya, smartphone ini sudah menggunakan jenis kabel Type C untuk proses transfer maupun pengisian daya.

Terakhir, di bagian belakang terlihat jelas kamera belakang yang berkemampuan 13 MP persis berada di tengah-tengah dengan LED flash di bawahnya. Mendampingi keduanya, terdapat juga sensor sidik jari berbbentuk bulat. Sementara brand Haier terletak di bagian bawah persis diletakkan di tengah-tengah juga.

Desain Haier Leisure L7 ini dibuat unibody sehingga baterai tidak dapat diganti sendiri karena menyatu di dalam bagian smartphone. Dengan bahan metal dan plastik, bagi pengguna yang tidak memiliki telapak tangan yang besar akan berasa agak licin untuk menggenggam smartphone ini. Oleh sebab itu, ada baiknya gunakan softcase yang sudah ada dalam paket penjualannya.

 

Fitur dan Performa

Walau masuk di segmen bawah, bukan berarti Haier Leisure L7 memiliki spesifikasi kelas bawah. Justru, setelah dibaca spesifikasinya, ternyata cukup tinggi. Prosesornya menggunakan Snapdragon 430 dengan RAM 3 GB, seperti kebanyakan smartphone di kelas RP 3-4 jutaan. Sementara untuk storage internal berkapasitas 32 GB yang masih bisa diperluas melalui slot micro SD.

Untuk menunjang kinerja smartphone, Haier melengkapinya dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang bisa menjaga durasi smartphone salama seharian. Pengalaman Mobitekno dengan penggunaan aplikasi yang wajar memang membuktikan bahwa smartphone ini mampu bertahan sehari penuh. Baterai ini juga sudah dilengkapi fitur Fast Charging sehingga pengisian daya bisa lebih cepat.

Dari sisi sistem dan aplikasi, Haier Leisure L7 sudah menggunakan Android 7.1.1 Nougat sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, aplikasi-aplikasi bawaan juga tidak terlalu banyak, bahkan terbilang sangat sedikit. Dengan demikian, Anda bebas meng-install aplikasi yang ingin digunakan melalui Playstore.

Untuk akses cepat, smartphone ini juga menyediakan fungsi Gesture. Fungsi ini bisa ditemukan di menu Settings. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menggeser slidernya ke kanan. Salah satu yang didukung Gesture adalah kamera. Cukup menekan dua kali tombol power, Anda bisa membuka kamera di keadaan apapun. Selain itu, Anda juga bisa melakukan screen capture dengan tiga jari. Ketuk dua kali di layar juga dapat membangunkan smartphone dari keadaan tidur. Masih banyak gesture lain yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menjalankan sebuah aplikasi di smartphone ini. Terbilang, ada 18 gesture yang bisa digunakan di Haier Leisure L7 ini.

Kini kita bahas aplikasi kamera. Walaupun masih menggunakan dua kamera, yaitu satu di depan dan satu di belakang, Haier Leisure L7 memiliki aplikasi kamera yang mudah digunakan. Mulai dari filter warna, settings yang berhubungan dengan kamera seperti ukuran foto atau jenis pengambilan foto, hingga beautification sudah disediakan oleh Haier. Bahkan, fungsi Beautificationnya cukup luas. Selain menyediakan opsi untuk menghaluskan kulit dengan preset (low, mid, dan high), Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggeser slidernya untuk mendapatkan tingkat kehalusan dan tingkat wajah putih yang diinginkan.

Menariknya, hal yang sama juga berlaku pada kamera depan. Tidak ada fungsi yang berbeda baik kamera depan maupun belakang. Yang membedakannya hanya dari resolusi, dimana kamera belakang sudah beresolusi 13 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Fungsi keamananny juga cukup banyak. Salah satunya adalah pengaman dengan model sidik jari. Pengaturan sidik jari bisa ditemukan di menu Settings. Untuk menggunakan sidik jari, Anda harus menentukan keamanan tambahan, seperti dengan password atau PIN.

Satu fungsi menarik lainnya adalah Smart Lock. Ya, smartphone ini bisa diatur kapan harus menyala dan kapan harus idle. Melalui fungsi “Smart Lock”, Anda bisa menentukan sendiri, smartphone bisa aktif saat Anda juga aktif. Atau, Anda bisa mengatur juga di area mana smartphone baru bisa diakses.

Semua fitur tadi semakin membuat penggunanya merasa aman dan nyaman saat menggunakan Haier Leisure L7.
 

Contoh Foto jepretan Haier Leisure L7

Hasil Benchmark dari aplikasi:

 

Spesifikasi

Tentu saja,semua keunggulan yang sudah disebutkan sebelumnya tidak bisa bekerja tanpa dukungan hardware di dalam smartphone. Oleh sebab itu, walaupun Haier Leisure L7 ada di segmen harga Rp 2 jutaan, teetapi ternyata dibekali dengan spesifikasi hardware yang cukup bagus. Jadi, smartphone ini bisa menjadi penantang brand lainnya di rentang harga yang sama.

Berikut ini spesifikasi Haier Leisure L7

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 430 octa Core 1.4 GHz

Memori

3 GB RAM, 32 GB Storrage, Micro SD Up to 256 GB

Layar

Full HD 1080x1920 pixel, 5,5 inci dengan teknologi 2.5D

Sistem Operasi

Android 7.1.1 Nougat

Kamera

13 MP (belakang), 5 MP (depan)

Baterai

3.000 mAh Fast Charging

Fitur

Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Smart Lock, Bluetooth 3.0, Wi-Fi 802.11.a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Hotspot,

 

Kesimpulan

Haier Leisure L7 hadir di Indonesia dengan desain yang menawan. Bentuknya dan desainnya tidak seperti kebanyakan smartphone buatan Tiongkok yang banyak beredar di pasar smartphone Indonesia. Kesan elegan pada smartphone ini sudah terlihat saat smartphone dikeluarkan dari boks kemasannya. Apalagi warna yang Mobitekno dapatkan adalah Rose Gold sehingga dapat menarik perhatian orang di sekitarnya.

Smartphone ini memang belum mengikuti tren dual camera yang banyak dilakukan oleh brand smartphone lainnya. Namun, paduan kamera 13 MP (belakang) dan 5 MP (Depan) yang didukung dengan aplikasi kamera yang baik. Berbagai filter dan efek ada dalam aplikasi kamera tersebut, termasuk fitur Beautification yang banyak dipakai saat melakukan foto selfie.

Secara keseluruhan, kinerjanya juga cukup baik. Dengan prosesor snapdragon 430 dan dukungan RAM sebesar 3 GB, smartphone lancar dalam melakukan tugasnya untuk menjalanka berbagai aplikasi, termasu media sosial. Baterainya juga cukup besar, yaitu 3.000 mAh sehingga dapat menunjang kinerja smartphonesepanjang hari. Baterai besar ini masih didukung dengan fitur Fast Charging agar proses pengisian daya bisa dilakukan dengan cepat.