Buktikan Komitmennya, Xiaomi Gulirkan Update MIUI 9 untuk Smartphone yang Rilis 5 Tahun Lalu

Tanggal : Selasa, 21 November 2017 - 16:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Buktikan Komitmennya, Xiaomi Gulirkan Update MIUI 9 untuk Smartphone yang Rilis 5 Tahun Lalu

MOBITEKNO - Xiaomi sudah menggulirkan update MIUI 9 terbaru untuk berbagai lini smartphone-nya mulai dari level terbawah hingga teratas (flagship). Update MIUI 9 ini juga sekaligus menjadi pertanda bahwa dukungan software ini akan menjadi yang terakhir (final) untuk beberapa smartphone lamanya.

Di antara produsen smartphone Android, boleh dikatakan jika Xiaomi merupakan salah satu produsen yang cukup konsisten menyediakan dukungan update software/sistem Android secara berkala tanpa pilih kasih (untuk semua segmen produknya).

Mau buktinya? Lihat saja deretan smartphone mereka yang dirilis lima tahun lalu (2012) dengan sistem Android 4.1 Jelly Bean. Hampir semuanya mendapatkan update MIUI 9 yang berbasis Android 7.0 Nougat.

Namun, dukungan ini tidaklah kekal karena siklus produk smartphone pun ada batasnya. Xiaomi memberikan konfirmasinya jika MIUI 9 akan menjadi update terakhir bagi beberapa smartphone yang sudah terbilang jadul.

Meski masih mendukung smartphone mereka yang dirilis lima tahun lalu, sayangnya update MIUI 9 terakhir/final ini juga berlaku untuk beberapa smartphone yang baru dipasarkan dua tahun lalu (2015).

Menurut Xiaomi, dengan mempertimbangkan konsistensi performa produk yang optimal, update MIUI 9 untuk Xiaomi Mi 2, Mi 2S, Redmi Note 4G, Mi 4i, Redmi 2, Redmi 2 Prime, dan Mi Note akan menjadi update MIUI resmi mereka yang terakhir.

Selain menghadirkan beberapa fitur baru (split screen, shortcut app baru), update resmi MIUI 9 juga membawa peningkatan kinerja, misalnya waktu loading aplikasi yang lebih cepat. Tidak ketinggalan juga desain ulang notification panel dan hadirnya aplikasi Mi Video, image editor, dan Mi Drop (transfer file tool) baru.