HTC Umumkan Vive Focus Sebagai Headset VR Standalone Pertamanya

Tanggal : Rabu, 15 November 2017 - 11:30 WIB
Penulis : Iwan RS


HTC Umumkan Vive Focus Sebagai Headset VR Standalone Pertamanya

MOBITEKNO - Setelah meluncurkan heaset VR (Virtual Reality) Vive dua tahun lalu dengan bekerjasama dengan Valve Corporation, HTC kembali menghadirkan headset VR terbaru di penghujung 2017.

Pada acara yang digelar di Cina, produsen asal Taiwan itu mengumumkan hadirnya headset VR standalone (untethered) pertamanya yang dinamakan HTC Vive Focus.

Tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya, HTC Vive Focus tidak dikembangkan dengan basis platform VR yang digagas Google, yaitu Daydream VR. Langkah HTC ini dapat dipahami mengingat target Vive Focus adalah pasar Cina yang notabene pemerintahnya masih ‘alergi’ dengan berbagai platform Google.

HTC menyatakan akan menunda pengembangan headset berbasis Daydream VR  dan memilih platform VR sendiri, yaitu Vive Wave VR platform. Meski demikian, masih ada kemungkinan pada masa mendatang HTC akan kembali mengembangkan headset berbasiskan Google Daydream VR mengingat pasar headset VR standalone bukan di daratan Cina saja.

HTC Vive Focus dilengkapi dengan layar AMOLED (kemunginan dengan resolusi 1080x1200 pixel per mata). Untuk menghadirkan ‘VR experience’ yang mumupuni dan ber-latency rendah, Vive Focus diperkuat dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Vive Wave VR platform yang digunakan pada Vive Focus tergolong open platform sehingga para content developer pihak ketiga (third party developer) mobile VR bisa dengan mudah mengakses dan mengekstrak perangkat tersebut agar aplikasinya dapat bekerja secara optimal.

Headset Vive Focus juga dilengkapi dengan sebuah rotational head strap dan merupakan perangkat headset standalone pertama di pasar yang menghadirkan teknologi tracking yang lebih advanced, yaitu 6DoF (6-degree-of-freedom tracking).

Sejauh ini harga dan ketersedian Vive Focus belum diumumkan oleh HTC. Mengingat teknologi tracking canggihnya ini belum diusung headset VR lain, seperti Oculus Go atau Gear VR, harga Vive Focus mungkin akan ditawarkan lebih tinggi.