Harga Rp 4 Juta, Huawei Nova 2i Jadi Smartphone Pertama di Tanah Air dengan Empat Kamera

Tanggal : Selasa, 07 November 2017 - 12:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Harga Rp 4 Juta, Huawei Nova 2i Jadi Smartphone Pertama di Tanah Air dengan Empat Kamera

MOBITEKNO - Huawei akhirnya memenuhi janjinya untuk meramaikan smartphone di segmen menengah (mid-range) dengan menghadirkan Nova 2i dengan fitur andalannya, empat kamera (dual camera di kedua sisi) dan layar ‘langsing’ FullView Display di pasar Tanah Air.

Acara peluncuran resmi Nova 2i yang digelar di hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta (6/11/2017) ini juga sekaligus dijadikan Huawei untuk memperkenalkan brand ambassador Nova 2i, yaitu aktris Nikita Willy.

Hadirnya Nova 2i (dikenal juga sebagai Huawei Mate 10 Lite, Maimang 6, atau Honor 9i di beberapa negara dengan perbedaan minor) membuat pasar smartphone kelas menengah di Tanah Air kian menarik. Pasalnya, ini menunjukkan fitur layar dengan bingkai tipis (near bezel-less) dan kamera ganda sudah tidak lagi didominasi smartphone kelas atas (high-end).

Dengan bezel tipisnya, Huawei dapat menghadirkan layar ‘langsing’ (aspect ratio 18:9) pada Nova 2i yang sedang 'kekinian' saat ini. Sebut saja, seperti Galaxy S8/S8 Plus/Note 8, LG G6/V30, Xiaomi Mi Mix 2, dan Google Pixel 2 XL.

Di kelas mid-range, Nova 2i tidak sendirian karena layar ‘langsing’ (aspect ratio 18:9) juga akan dihadirkan pada smartphone rival lainnya, seperti LG Q6, Vivo V7+, atau Oppo F5 yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Berbekal layar FullView Display ini pula sehingga Huawei berhasil membuat Nova 2i menjadi salah satu smartphone dengan rasio layar ke bodi (screen-to-body) tinggi, yaitu berkisar 83 persen.

Huawei Nova 2i memilik bentang layar 5,9 inci (IPS LCD), chipset octa-core Kirin 659 (CPU: 4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53, GPU: Mali-T830 MP2), RAM 4 GB, internal storage 64 GB, baterai 3.340 mAh.

Yang cukup disayangkan tentunya adalah Huawei masih menggunakan port Micro USB pada Nova 2I atau belum menggunakan port USB Type-C yang lebih baru.

Nova 2i menjadi smartphone berikutnya yang diperkuat dengan chipsest Kirin 659 setelah sebelumnya digunakan pada Nova 2 dan Nova 2 Plus yang telah dirilis di beberapa negara. Kirin 659 merupakan chipset 16nm FinFET kelas menengah yang kinerjanya bisa disejajarkan dengan chipset Sanpdragon 625 dari Qualcomm.

Seperti juga P10 dan Mate 10 series, sistem operasi yang berjalan pada Nova 2i sudah berbasiskan Android Nougat 7.0. Untuk UI-nya, Huawei pun sudah ‘melapisnya’ dengan EMUI (Emotion UI) 5.1.

Salah satu kelebihan Huawei Nova 2i terdapat pada modul kamera gandanya yang ada di kedua sisi (depan/selie dan utama/belakang). Pada kamera ganda di belakang (utama), Huawei memakai kombinasi 13 MP dan 2 MP. Sedangan untuk kamera ganda di depan (selfie camera) digunakan kombinasi kamera ganda 16 MP dan 2 MP.

Adanya kamera ganda di kedua sisi ini memungkinkan pengguna Nova 2i dapat memotret wajah (satu orang atau lebih) dengan efek bokeh. Potrait photo untuk kamera utama/belakang dan bokeh selfie untuk kamera depan.

Di samping itu, kamera selfie Nova 2i ini juga didukung oleh fitur Selfie Toning Flash untuk membverikan efek pencahayaan yang lebih merata ke seluruh objek (bukan hanya di wajah).

Tidak kalah menariknya adalah mode ‘Effects’ pada aplikasi kameranya yang mirip ‘face filter’ pada Instagram atau beberap aplikasi kamera bawaan, seperti pada samsung Galaxy.

Harga yang dipatok Huawei untuk Nova 2i terbilang menarik untuk sebuah samrtphone dengan fitur kamera ganda di kedua sisi dan layar FullView Display. Harga banderolnya untuk pasar Indonesia adalah Rp 3.999.000.

Nova 2i yang tersedia dalam dua varian warna (graphite black dan prestige gold) dapat dipesan terlebih dulu (pre-order) selama tanggal 6-10 November 2017 melalui e-commerce Shopee di URL https://shopee.co.id/huawei.id dengan bonus paket senilai Rp 600 ribu (speaker bluetooth, ring grip stand, smartphone holder, dan selfie timer).