Review Soul Guardians 2: Game Action ala Retro yang Super Seru

Tanggal : Rabu, 01 November 2017 - 13:00 WIB
Penulis : David
Editor : Desmal Andi


Review Soul Guardians 2: Game Action ala Retro yang Super Seru

MOBITEKNO - Berbekal perpaduan antara visual 2D klasik dan permainan action yang seru, Soul Guardians 2 pastinya akan memberimu pengalaman bermain nan asik! Bila kamu adalah salah satu gamer yang sudah bosan dengan permainan mengumpulkan ratusan Hero dan membiarkan mereka bertarung otomatis, maka game ini sangat cocok untukmu. Sebab ketangkasan jarimu akan menjadi modal utama untuk memainkan game ini.

Kesan pertama yang kami temui ketika memainkan Soul Guardians 2 ternyata lumayan positif. Berkat sifatnya yang full action, game ini membuat pemainnya tidak cepat merasa bosan. Apalagi bila melihat bahwa semua ancaman dari musuh di dalam game ini cukup bervariasi dan kreatif.

Namun dari cepatnya permainan yang dimiliki oleh Soul Guardians 2 ternyata memiliki kekurangan juga. Hal yang sangat kentara adalah seringnya kami melakukan kesalahan menekan tombol di layar permainan. Terutama ketika ingin menekan tombol lompat dua kali, yang akan membuat avatar melakukan Double Jump dan melompat lebih tinggi. Seringkali kami salah menekan tombol, sehingga tidak berhasil lompat dan mendapatkan damage dari musuh atau jebakan.

Untuk itu, sebaiknya kamu menyiapkan controller yang terpisah dari smartphone sebelum mulai memainkan game ini. Karena menggunakan Thumbstick di controller untuk menggerakkan avatar ternyata jauh lebih nyaman, bila dibandingkan dengan tombol sentuh di layar permainan. Kamu juga menjadi minim melakukan kesalahan ketika menekan tombol di saat penting.

Dari sisi visual, bila kamu suka dengan game klasik berbasis 2D seperti Super Mario Bros dan Contra, maka kamu akan jatuh cinta dengan Soul Guardians 2. Ditambah dengan gerakan grafisnya yang luwes, terutama ketika menyerang dan melancarkan serangan spesial, maka presentasinya pantas mendapatkan nilai lima bintang!

 

Gameplay: Konsentrasi di Pertarungan

Pertarungan mendapatkan posisi sentral di dalam game ini. Saking pentingnya, rasanya hampir semua bagian di dalam game ini berputar mengelilingi feature tersebut. Itu pula sebabnya sistem pertarungan di dalam game ini mendapatkan perhatian khusus dari pihak developernya.

Cara bertarungnya sendiri dapat kamu intip dari penjelasan kami sebelumnya. Kamu harus menggerakkan sendiri apapun yang dilakukan oleh avatar. Avatar di sini adalah pemeran utama yang kamu pilih dari lima avatar ketika akan memulai permainan. Ingat, setiap avatar memiliki cara bermain yang berbeda dengan avatar lain.

Penyebab utamanya adalah perbedaan bentuk serangannya, yaitu serangan jarak dekat atau melee, jarak jauh, atau serangan sihir. Begitu pula dengan serangan spesial atau skill miliknya. Satu-satunya yang sama dari semua avatar tersebut adalah serangan bernama Soul Arts.

Soul Arts merupakan serangan yang bersumber dari dek kartu. Namun, kartu tersebut bukan hanya memiliki ilustrasi menarik saja, melainkan merepresentasikan bentuk serangan dari Soul Arts di dalamnya. Jumlahnya yang sangat banyak menjadi strategi tersendiri, karena kamu bisa mengkombinasikan urutan kartu tertentu supaya serangannya saling bertautan. Selain itu, setiap kartunya juga mampu memberi penambahan kekuatan untuk avatarmu, seperti memperkuat serangan atau meningkatkan pertahanan.

Tingginya variasi yang diberikan melalui avatar di dalam game ini menurut kami merupakan langkah yang pintar, terutama untuk mengurangi kebosanan dan memberi opsi bagi pemainnya. Selain itu, keberagaman tersebut memberikan opsi taktis ketika bermain bersama teman atau pemain lain. Hal ini sangat penting, mengingat kamu di satu titik pasti akan bekerjasama dengan pemain lain, seperti yang biasa terjadi di game online lain.

 

Battle: Butuh Kelihaian Jari

Pertarungan di dalam Soul Guardians 2 hasilnya tergantung dari kehebatanmu menggerakkan jarimu. Sebab, pertarungan yang akan kamu temui berjalan dalam kecepatan yang relatif cepat, terutama ketika kamu berhadapan dengan musuh di stage tingkat lanjut dan Boss. Kesalahan kecil saja dapat mengakibatkan avatarmu terkena damage, yang pada akhirnya akan menyebabkanmu kalah.

Kebanyakan serangan lebih terkonstrasi pada penggunaan skill yang tepat. Setiap avatar memiliki hingga empat skill yang bisa digunakan di dalam pertarungan. Setiap skill tersebut tentu saja memiliki taktik tersendiri untuk penggunaannya, misalnya skill yang bisa mendorong musuh menjauh dari avatarmu atau skill yang mampu mengangkat musuh ke udara, untuk kemudian kamu sambung dengan skill lain supaya musuh terkena damage besar.

Skill tersebut jelas memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan serangan biasa. Itu sebabnya untuk menyeimbangkan permainan, kamu tidak bisa terus-terusan menggunakannya. Setiap skill memiliki waktu cooldown setelah digunakan, atau kamu harus menunggu beberapa waktu sampai kamu bisa menggunakannya kembali.

Ancaman tidak hanya terbatas dari serangan musuh saja. Elemen lingkungan dalam tiap stage juga mampu membunuh avatarmu. Mulai dari jebakan berupa dinding duri yang menghalangi jalanmu, sampai batu menggelinding mengejarmu dan lantai rapuh yang menjatuhkanmu ke lubang berduri. Itu pula yang membuat kami menyarankanmu menggunakan controller, supaya kamu tidak terlalu stress karena salah menekan tombol dan jatuh ke lubang berduri!

Menurut kami, pertarungan di dalam game ini menjadi mudah bila kamu mudah mengendalikan avatar; artinya kembali ke penggunaan controller. Musuhnya sendiri memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu ekstrim, tetapi masih mampu memberikan tantangan yang berarti. Namun, bila kamu rajin memperkuat avatar, maka musuh di sini menjadi mudah.

 

Pengembangan Avatar: Butuh Usaha

Setiap avatar yang bisa dipilih di dalam game ini memiliki keunikannya tersendiri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk memainkan semua jenis avatar terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan satu avatar untuk dikembangkan. Untungnya, game ini memberimu kemudahan untuk mengganti avatar, meskipun sudah memilih salah satunya.

Setelah kamu yakin dengan satu avatar yang cocok dengan gaya bermainmu, barulah kamu mulai mengembangkannya alias memperkuatnya. Untuk melalui jalan menuju avatar yang kuat tersebut, kamu perlu mulai melakukan upgrade di beberapa aspek avatar itu sendiri. Langkah pertama adalah dengan menaikkan level avatar melalui pertarungan.

Kenaikan level tidak hanya memperkuat keseluruhan statistik avatar saja. Kamu juga bisa mendapatkan Skill Point atau SP. Poin tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan Characteristic dari avatar tersebut. Berada di bagian yang sama dengan Skill, Characteristic dapat meningkatkan kemampuan pasif dari avatar, misalnya membuat jarak serangan menjadi lebih jauh atau membuat musuh terlempar lebih jauh ketika menggunakan skill tertentu.

Bahkan, bisa dikatakan Characteristic inilah yang mampu membedakan avatarmu dengan avatar pemain lain dengan jenis sama. Sebab, jumlah SP yang kamu dapatkan tidak dapat mengisi semua skill pasif tersebut. Jadi, kamu harus menentukan skill pasif mana yang akan kamu naikkan levelnya menggunakan SP tersebut. Hal inilah yang membuat skill dominan milikmu menjadi lebih kuat.

Kartu Soul Arts juga dapat ditingkatkan kekuatannya melalui upgrade. Semakin tinggi levelnya, yaitu dengan membayar sejumlah uang game (Gold), maka kekuatan pasifnya akan menjadi lebih kuat. Bahkan bisa jadi penambahan kekuatannya melebihi perlengkapan tempur seperti senjata dan armor. Selain itu, kartunya juga memiliki grade yang dibedakan dengan warna bordernya. Semakin tinggi gradenya, kekuatan pasifnya juga meningkat berlipat ganda!

 

Feature: Membuka Tantangan Baru

Kebanyakan feature baru di dalam Soul Guardians 2 berasal dari jumlah team level yang kamu miliki. Semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak hal baru yang bisa kamu mainkan. Team level berbeda dengan level avatar, tetapi cara mendapatkannya sama, yaitu dengan bertarung. Bedanya, level avatar akan berubah bila kamu mengubah avatar yang dimainkan, sementara team level akan terus sama.

Pada peta dunia, kamu dapat menemukan banyak daerah yang hanya bisa dikunjungi setelah team level mencapai nominal tertentu. Kebanyakan feature baru tersebut berguna untuk memberikan tantangan baru untukmu. Orientasinya kebanyakan berpusat pada pertarungan dan memperkuat avatar.

Lokasi di peta dunia beberapa di antaranya merupakan daerah dengan tantangan Raid. Pada Raid, kamu bersama pemain lain akan bertarung bersama melawan musuh yang super kuat. Pada titik ini, seharusnya kamu sudah menyiapkan perlengkapan tempur yang prima, serta menguasai dengan baik avatar milikmu. Sebab, tantangan Raid membutuhkan kerjasama yang baik dengan pemain lain.

Pada lokasi lain kamu juga dapat perang antarkerajaan. Kisah dari Soul Guardians 2 berputar pada perseteruan antara dua kerajaan. Ketika kamu akan memulai permainan, kamu juga diminta untuk memilih satu dari dua kerajaan tersebut. Nah, dari feature inilah perangnya terlaksana. Melalui perang tersebut, kamu akan mendapatkan poin yang berguna untuk meningkatkan posisi atau pangkatmu di kerajaan, serta dapat pula digunakan untuk mendapatkan perlengkapan tempur kelas atas.

Menurut kami, feature di dalam game ini tersusun dengan baik. Fokusnya yang berada pada pertarungan tidak melenceng, bahkan bisa dikatakan featurenya mendukung pertarungan itu sendiri. Baik pertarungan melawan monster maupun pemain lain, semuanya diberikan tempat tersendiri, dan kamu dapat memilih salah satunya atau keduanya. Kamu hanya perlu bermain saja untuk meningkatkan team level dan membukanya, tanpa perlu keluar biaya tambahan.

 

Shop: Sangat Membantu Jalannya Permainan

Seperti layaknya game yang gratis dimainkan di platform Android, Soul Guardians 2 juga menawarkan toko online dengan transaksi uang asli. Hampir semua benda yang bisa dibeli di Shop ini menggunakan mata uang crystal, dan untuk mendapatkan crystal tersebut kamu bisa membelinya dengan uang asli atau rajin bermain. Semakin sering kamu bermain, jumlah crystal yang bisa kamu dapatkan akan bertambah.

Namun, perbandingan yang bisa didapat dari dalam game dan dibeli tentu saja berbeda. Sedangkan untuk rasio transaksinya berkisar dari $1.99 hingga $99.99 plus bonus untuk transaksi pertama. Bila melihat apakah jumlah tersebut mahal atau tidak, untuk mendapatkan paket peti dengan isi acak, mulai dari kartu Soul Arts grade kelas atas hingga Potion dan bahan upgrade, butuh biaya $16 atau sekitar Rp 216 ribuan. Cukup mahal.

Benda yang cukup berharga untuk dibeli di Shop menurut kami adalah Heart. Benda tersebut adalah bahan bakar yang dibutuhkan untuk terus bermain, kalau bisa seharian tanpa henti. Sebab, setiap kali kamu masuk ke stage untuk bertarung, kamu butuh Heart tersebut. Dan Heart akan bertambah dengan sendirinya seiring waktu.

Sedangkan untuk peti, beberapa diantaranya membutuhkan keberuntungan. Karena mereka dijual dengan sistem gacha, atau isinya adalah benda acak. Treasure Chest pada Shop memang berisi kartu Soul Arts dengan grade tinggi. Namun, karena kamu mendapatkannya acak, maka besar kemungkinan kamu tidak bisa menggunakannya bila tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan avatarmu, misalnya meningkatkan kekuatan sihir padahal kamu butuh meningkatkan kekuatan serangan fisik untuk Swordsinger milikmu.

Paket penjualan untuk Potion juga cukup berarti untuk dibeli. Bukan hanya karena Potion sangat penting untuk dimiliki berkat kemampuannya untuk menyembuhkan luka, terutama ketika kamu bertarung di Dungeon level tinggi, tetapi mendapatkan Potion di luar Shop cukup sulit. Sebagai tambahan, kamu juga bisa membeli Potion untuk menghidupkan kembali avatarmu bila kalah di Dungeon. Sebab, bila mati maka kami akan kehilangan semua usaha dan hadiah dari Dungeon tersebut.

 

Tips Untuk Pemula

Pertama, temukan avatar yang cocok untukmu. Jangan remehkan perbedaan gaya bermain antara avatar yang ada, karena bila kamu menyadarinya belakangan, bayangkan waktu yang terbuang untuk membangun avatar dari awal lagi. Cobalah untuk bereksperimen dengan avatar lain.

Namun apapun pilihanmu, selalu perhatikan statistik apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatannya pada layar Character. Misalnya, Archer meningkat serangannya bila STR dan DEX bertambah, atau Magician hanya butuh INT untuk memperkuat serangannya. Semua statistik tersebut akan dapat kamu tambahkan melalui perlengkapan tempur, seperti senjata, armor, dan aksesoris. Pilih yang sesuai dengan avatarmu.

Untuk crystal yang kamu dapatkan dari hadiah, sebaiknya kamu gunakan untuk membeli Hearts di Shop. Selain bisa membuatmu terus bermain, semua benda yang diberikan di Shop pada dasarnya bisa didapatkan bila kamu rajin bermain. Kecuali tentu saja bila kamu melakukan transaksi dengan uang asli untuk membeli crystal. Maka sebaiknya digunakan untuk membeli Package, yang mampu mempercepat perkembangan avatarmu.

Satu hal yang sebaiknya kamu siapkan untuk memainkan game ini tentu saja adalah controller khusus yang terpisah atau menempel dengan Androidmu. Pentingnya controller tersebut berhubungan dengan kegesitanmu, dan untuk game action yang mementingkan kecepatan dan kelincahan, maka hal tersebut sebaiknya tidak dianggap enteng.

http://cdn.mobitekno.com/images/2560a15cce.jpg

Tips lain yang cukup penting adalah jangan lupa untuk masuk ke Daily Dungeon setiap harinya. Kamu hanya dapat masuk ke sana hanya beberapa kali saja per harinya, dan hadiahnya sangat menarik untuk memperkuat dirimu. Setelah itu, perhatikan pula efek pasif kartu Soul Arts yang kamu gunakan. Sebisa mungkin mereka harus mendukung kekuatan avatarmu. Selamat mencoba!