August 3, 2016

Masyarakat Indonesia Lebih Memilih Baca Berita Lewat Smartphone Dibanding Lainnya

Penulis: Desmal Andi
Masyarakat Indonesia Lebih Memilih Baca Berita Lewat Smartphone Dibanding Lainnya  

MOBITEKNO – Membaca berita atau mencari informasi dari media konvensional tampaknya mulai ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dibaca dari hasil survei yang dilakukan UC Browser. Ternyata 95 persen pengguna Internet di Indonesia membaca berita melalui perangkat mobile. Selebihnya, 45,9 persen mengakses berita melalui TV, 20,9 persen melalui PC, dan 6,7 persen melalui radio.

Konten berbentuk digital memang lebih menarik diakses bagi orang Indonesia. Perangkat mobile sudah menjadi pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Apalagi data dari Aseanup.com juga menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara “mobile first” dengan 61 persen pengguna Internet mengakses Internet melalui perangkat mobille dan 39 persen melalui PC.

Data dari UC Browser juga menunjukkan bahwa 75.6% pengguna Internet mobile di Indonesia membaca berita di ponsel lebih dari tiga kali sehari, 11.8% diantaranya 2-3 kali sehari dan 11.1% nya satu kali sehari. Data ini juga menunjukkan bahwa 56.5% pengguna Internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari.

Peningkatan akses konten digital ini menunjukkan bahwa konsumsi konten di Indonesia telah memasuk era baru, dari media tradisional ke perangkat mobile. Perubahan ini juga dampak dari media sosial dimana kini banyak orang menginginkan berita secara gratis, dan itu disediakan oleh beberapa media sosial.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES