Inilah Catatan OLX Mengenai Jual-Beli Kendaraan Bekas Pada Semester Pertama 2017

Tanggal : Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:36 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Inilah Catatan OLX Mengenai Jual-Beli Kendaraan Bekas Pada Semester Pertama 2017

MOBITEKNO - Hingga saat ini OLX masih menjadi pilihan bagi masayarakat di Indonesia untuk menjual maupun membeli berbagai jenis barang bekas, termasuk barang-barang otomotif atau kendaraan bermotor. Selain itu, barang-barang otomotif atau kendaraan bermotor tersebut juga menjadi salah satu kategori yang paling diminati oleh pengguna OLX.

Setidaknya, itulah paparan singkat yang dijelaskan oleh Edward Kilian Suwignjo, Chief Marketing Officer OLX Indonesia di hadapan sejumlah media di Jakarta, (23/8) saat menyampaikan laporan terbaru "Tren Jual-Beli Otomotif di OLX: Semester 1, 2017". Hingga saat ini, pengguna aktif OLX Indonesia sudah menyentuh angka 23 juta per bulan. Sedangkan lewat aplikasi mobile-nya ada diangka 1,1 juta per hari.

"Berdasarkan data terakhir, terdapat lebih dari 140.000 orang yang memanfaatkan OLX untuk menjual mobil bekas dan lebih dari 150.000 oarang menjual motor bekas setiap bulannya. Tak hanya itu, jumlah pembeli yang sangat besar juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan OLX. Tercatat, ada 580 ribu pembeli mobil dan 550 ribu pembeli motor setiap bulannya yang memanfaatkan OLX," ujar Edward.

Data OLX yang terangkum dalam Otojurnal Tren Industri Mobil Bekas di Indonesia menunjukkan bahwa harga mobil bekas cenderung turun di tengah tahun karena banyaknya mobil baru yang diluncurkan. Pertengahan tahun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil karena rata-rata harga mobil bekas turun sampai 20%. Tren ini juga terjadi pada kuartal yang sama dua tahun berturut-turut.

"Melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil bekas di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata tiga hari lebih cepat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Rata-rata dibutuhkan waktu enam hari bagi sebuah mobil untuk laku di OLX. Bahkan, untuk beberapa tipe, waktu yang dibutuhkan dapat lebih singkat," ungkap Agung Iskandar, Chief Commercial Officer OLX Indonesia.

Kategori sepeda motor mempunyai pola transaksi yang cukup berbeda dibandingkan dengan mobil. Siklus seseorang berganti sepeda motor cenderung lebih cepat dibandingkan dengan mobil. Ditegaskan oleh Agung, seseorang bisa berganti motor dalam periode dua atau tiga tahun. Melihat fakta tersebut, tak heran bila Anda di OLX sering melihat iklan-iklan motor yang terhitung baru.

Disebutkan, Yamaha NMax sebagai yang terhitung baru menjadi salah satu sepeda motor yang paling diminati. Perilaku lain yang cukup unik dari pengguna OLX, khususnya pembeli, di kategori sepeda motor adalah mengenai tingginya jumlah pencarian untuk dua jenis motor sport, yakni Kawasaki Ninja dan Yamaha RX King. Jumlahnya mencapai 30 juta pencarian untuk Kawasaki Ninja dan 16 juta pencarian untuk Yamaha RX King.

Selain mobil dan motor bekas, transaksi aksesoris, seperti spare part, ban, velg, helm dan sebagainya juga menarik untuk diketahui. Tercatat, aksesoris mobil, jumlah iklannya mencapai 129 ribu. Iklan mengenai barang-barang tersebut setiap bulannya dicari oleh 223 ribu orang calon pembeli. Sedangkan untuk sepeda motor, terdapat 276 ribu pengguna yang mencari aksesoris terkait dengan jumlah iklan mencapai 81 ribu.

"Transaksi yang difasilitasi oleh OLX untuk kategori mobil bekas mencapai Rp26 triliun setiap bulannya, dan motor bekas senilai Rp1,5 triliun setiap bulannya. Dinamisnya pasar jual-beli kendaraan, baik mobil dan sepeda motor di OLX diikuti dengan volume transaksi yang juga tinggi. Hal ini memberi kesempatan bagi OLX untuk merekam pergerakan pasar serta tren yang terjadi dalam industri ini," pungkas Edward.