July 21, 2016

Mercedes Kembangkan Bus Otonom Masa Depan dengan teknologi CityPilot

Penulis: Abdillah
Mercedes Kembangkan Bus Otonom Masa Depan dengan teknologi CityPilot  

MOBITEKNO – Teknologi kendaraan otonom kini tidak hanya sebatas pada mobil pribadi berukuran kecil, tapi juga sudah mulai diterapkan pada kendaraan transportasi berukuran besar seperti bus. Mercedes-Benz, produsen yang menghasilkan prouk-produk otomotif mulai dari kenaraan kecil hingga besar turut mengembangkan mobil otonom sejak lama, termasuk bus. Salah satu produk produk bus yang dikembangkan dengan teknologi otonom baru-baru ini mereka perkenalkan dengan nama Future Bus. Kendaraan ini dapat menembus perjalanan 12 mil melalui jalan-jalan di kota Belanda menggunakan sistem mengemudi otonom besutan Mercedes yang mereja namakan CityPilot.

Mirip dengan HighwayPilot yang digunakan untuk kendaraan semi truk, CityPilot membantu bus dikendarai secara semi-otonom di jalur khusus bus yang telah ditandai. Bus ini mampu mencapai kecepatan hingga 43 mil per jam dan diklaim beroperasi lebih aman, efisien, serta nyaman daripada bus konvensional. Menurut keterangan Mercedes yang dikutip dari DigitalTrends, CityPilot mampu mengenali lampu lalu lintas sehingga aman saat berada di persimpangan. Hal ini termasuk juga untuk mengenali hambatan, terutama pejalan kaki di jalan dan melakukan pengereman secara mandiri.

Dalam hasil uji coba yang dilakukan Mercedes-Benz, Future Bus mampu menguasai rute yang rumit dengan sejumlah belokan yang padat, terowongan, beberapa pemberhentian bus, dan melibatkan kecepatan tinggi untuk bus kota. Meski mengurangi beban kerja pengemudi bus, penumpang tidak perlu khawatir karena masih ada sopir yang mengawasi segala kemungkinan sepanjang waktu. Tidak hanya itu, bus yang telah dilengkapi sistem CityPilot juga dapat meningkatkan efisiensi, lebih halus, dan memprediksi gaya mengemudi yang hemat sambil menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi.

Keunggulan Future Bus tidak hanya pada sistem navigasi, tetapi juga ada pada sisi interior kendaraan. Menggunakan desain open-plan yang memiliki daerah terbuka dan luas dengan sedikit atau tidak ada dinding pemisah internal, bus ini terlihat lebih inovatif. Desain ini juga mencerminkan tema seperti taman serta pencahayaan langit-langit menyerupai kanopi.

Sayangnya, Mercedes tidak memiliki rencana untuk membawa Future Bus dan sistem CityPilot ke dalam produksi penuh. Sebaliknya, mereka berencana untuk menggabungkan aspek individual dari teknologi ke dalam berbagai kendaraan umum. Perusahaan asal Jerman tersebut mengatakan bahwa teknologi ini akan lebih dikembangkan untuk meningkatkan sistem transportasi bus masa depan.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES