July 21, 2016

ESET: Pokemon GO Palsu Telah Diunduh Puluhan Ribu Kali

Penulis: Abdillah
ESET: Pokemon GO Palsu Telah Diunduh Puluhan Ribu Kali  

MOBITEKNO – Popularitas game Pokémon GO yang mengadopsi teknologi Augmented Reality (AR) terus meningkat. Bahkan, kini kehadiran game besutan Niantic tersebut sudah merambah di banyak negara di Eropa dan Asia.

Namun, kepopuleran game tersebut juga berdampak pada munculnya game Pokémon GO palsu. Tak hanya tersedia di Google Play, Pokémon GO palsu juga ada di App Store.

Bahkan, kabarnya game Pokémon GO palsu ini sudah diunduh puluhan ribu orang dan menyamar dengan beragam nama, seperti Pokémon GO Ultimate, Pokémon GO: New Version for Free App Game dan GO Catch Em All.

Menariknya, game-game Pokémon GO palsu tersebut berhasil menduduki daftar aplikasi gratis teratas di App Store. Tak kalah menarik, untuk versi Android bahkan telah diunduh hingga 50.000 kali.

Kekhawatiran dari kehadiran game Pokémon GO tak resmi ini adalah tidak adanya jaminan dalam hal keamanan. Bahkan ESET, produsen software keamanan menemukan bahwa Pokémon GO Ultimate dapat mengunci ponsel pengguna untuk mengkases situs porno.

Ancaman lainnya, saat membuka game palsu yang diunduh dari Play Store, smartphone akan berhenti bekerja. Untuk mengaktifkannya, pengguna diminta untuk me-reboot smartphone. Saat proses rebooting inilah aplikasi berbahaya terus berjalan di latarbelakang.

Tidak hanya itu, para peneliti keamanan juga menemukan aplikasi tidak resmi lain untuk Android, seperti "Guide & Cheats for Pokémon GO" dan "Install Pokemongo" yang mendorong pengguna untuk membayar add-ons yang tidak penting, seperti Pokecoins.

Melihat banyaknya kehadiran game atau aplikasi Pokémon GO palsu di Play Store, Google selaku penyedia layanan tersebut sudah berinisiatif untuk menghapusnya.

Sementara, penelitian dari RiskIQ menemukan bahwa terdapat lebih dari 200 versi game Pokémon GO palsu beredar di dunia maya. Bahkan tak sedikit pengguna smartphone yang mengunduh file APK Pokémon GO lewat marketplace diluar Play Store dan App Store.

Tentu saja, yang harus diperhatikan oleh pengguna adalah tetap harus berhati-hati ketika mengunduh file APK tersebut dan ada baiknya membaca semua ulasan yang ada.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES