July 16, 2016

Konsumen di AS Desak Pemerintah untuk Memperlambat Pengembangan Mobil Otonom

Penulis: Desmal Andi
Konsumen di AS Desak Pemerintah untuk Memperlambat Pengembangan Mobil Otonom  

MOBITEKNO – Hal ini dilakukan oleh beberapa kelompok pemerhati otomotif, seperti The Center For Auto Safety, Consumers for Auto Realibility and Safety, dan Consumer Watchdog and Public Citizen. Kelompok ini telah mengirim surat kepada Presiden Barack Obama agar melarang mobil-mobil semi otonom yang belum komplit diuji di jalan raya.

Dikutip dari Detroit News, desakan ini timbul karena sudah terjadi tiga kejadian kecelakaan yang melibatkan mobil otonom Tesla dengan sistem autopilotnya.

“Ini waktu yang tepat untuk menghentikan proses yang tergesa-gesa dalam pengembangan teknologi kendaraan otonom di jalan raya. Teknologi autopilot yang tidak dapat mengenal sebuah truk putih di jalan raya dan yang gagal melakukan pengereman ketika sudah dekat engan tabrakan, tidak selayaknya memiliki tempat di jalan raya,” jelas isi surat tersebut seperti dikutip dari Carscoops.

Kelompok-kelompok ini ingin agar sistem autopilot dari Tesla harus dinonaktifkan terlebih dahulu sampai benar-benar terbukti aman digunakan setelah melalui investigasi yang lengkap. Namun, Elon Musk, CEO Tesla mengatakan dirinya tidak akan mematikan sistem tersebut pada kendaraannya.

Sumber: Carscoops

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES