July 16, 2016

Di Idul Fitri 2016 Smartfren Alami Peningkatan Trafik Data Hingga 160 Persen

Penulis: Desmal Andi
Di Idul Fitri 2016 Smartfren Alami Peningkatan Trafik Data Hingga 160 Persen  

MOBITEKNO – Selama libur hari raya Idul Fitri 2016, PT Smartfren telecom Tbk berhasil melayani seluruh pelanggannya dengan lancar. Bahkan, provider dengan jaringan 4G LTE Advanced ini mengalami peningkatan trafik data hingga 160,74 persen pada H-1 hingga H+1 dibandingkan waktu yang sama di tahun 2015.

Menariknya, dari data yang diperoleh tim Network Smartfren, penggunaan layanan voice dan SMS mengalami penurunan. Layanan voice menurun hingga 40,55 persen dibanding tahun lalu. Sementara untuk SMS mengalami penurunan hingga 22,47 persen. Peningkatan juga diraih Smartfren untuk trafik VoLTE. Ternyata banyak pelanggan yang memanfatkan momen lebaran dengan memanfaatkan video call sehingga layanan ini mengalami peningkatan 37,72 persen dibandingkan dengan hari biasa. Sementara voice call melalui VoLTE mengalami penurunan sebesar 17,44 persen dibanding hari biasa.

“Trafik voice serta SMS memang mengalami penurunan karena masyarakat lebih memanfaatkan sarana social messenger seperti Line, BBM, serta Whatsapp untuk mengirimkan ucapan lebaran,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren. “Namun, kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya kami sangat senang, karena teknologi yang kami sediakan ini dapat membantu mereka yang terpisah jarak untuk tetap bersilaturahmi dan bertatap muka menggunakan video call,” tambah Merza.

Peningkatan terbesar trafik data pada H-1 hingga H+1 terjadi di daerah  Jabodetabek dan Jawa Timur. Selama bulan Ramadhan , Smartfren memang telah melakukan monitoring dan penangaan gangguan selama 24 jam mulai H-14 dan akan berlangsung hingga H+14 Idul Fitri untuk memastikan pelanggan mendapatkan komunikasi yang prima. Tidak heran di lokasi dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi seperti disepanjang tol Pejagan – Brebes Timur, kota Tegal hingga ke kota Pekalongan, pelanggan smartfren masih dapat memanfaatkan layanan data, voice dan SMS dengan baik tanpa hambatan atau gangguan yang berarti.

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES