Tiru Google dan Amazon, Facebook Juga Kembangkan Perangkat Chat Android Berbasis Video

Tanggal : Rabu, 02 Agustus 2017 - 11:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Tiru Google dan Amazon, Facebook Juga Kembangkan Perangkat Chat Android Berbasis Video

MOBITEKNO - Tahun lalu Facebook dilaporkan telah menggaet Regina Dugan, bos Google ATAP (Advanced Technology and Projects) untuk memimpin unit baru bernama Building 8. Banyak yang menduga unit baru ini akan menjadi cikal bakal Facebook untuk terjun dalam produk hardware untuk konsumen.

Unit baru ini diprediksi akan segera memperkenalkan produk Facebook terbaru yang fungsinya mirip seperti speaker pintar Google Home atau Amazon Echo Show dengan beberapa diferensiasi.

Menurut laporan Bloomberg, Facebook dilaporkan sedang mengmbangkan perangkat berbasis Android yang akan memiliki fungsi utama untuk melakukan percakapan melalui video (video chat). Produk ini diketahui akan dilengkapi dengan layar 13 hingga 15 inci, lensa wide-angle, mikrofon, dan speakers.

Video chat device yang kemungkinan besar akan menggunakan platfom Android ini akan didukung teknologi AI (artificial intelegence) untuk mendukung proses chat video yang lebih baik bagi pengguna. Salah satunya adalah fitur pelacakan wajah otomatis di dalam ruangan. Fitur ini berguna jika pengguna sedang bergerak atau mengerjakan sesuatu sambil berbincang dengan lawan bicaranya.

Harga perangkat video chat Facebook ini masih belum diketahui pasti. Namun, mengingat produk ini lebih ditujukan untuk orang banyak, facebook mungkin akan meamtok harga yang tidak terlalu mahal (sekitar US$ 100-200).