July 15, 2016

Mana Lebih Boros Data? Main Pokemon Go atau Nonton YouTube?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mana Lebih Boros Data? Main Pokemon Go atau Nonton YouTube?  

MOBITEKNO – Demam bermain game mobile Pokémon Go sudah melanda pengguna smartphone di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mengingat game ini lebih merekomendasikan penggunanya untuk rajin berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya agar bisa menangkap bermacam-macam monster kecil Pokémon, pengguna smartphone wajib mendapatkan koneksi Internet agar bisa terkoneksi dengan server Pokémon.

Koneksi Internet yang biasanya digunakan pengguna smartphone adalah dari paket data operator SIM card pada smartphone atau melalui modem Wi-Fi portable (MiFi) yang juga telah memiliki paket data Internet.

Seperti aplikasi/game mobile lainnya yang mengandalkan koneksi Internet, pengguna perlu mengetahui konsumsi datanya selama bermain Pokémon Go tersebut. Terutama jika paket data yang diambil tergolong ‘murah meriah’ (di bawah 500 MB). Misalnya, berapa MB yang dihabiskan selama bermain selama setengah jam atau bahkan lebih.

Berdasarkan pengamatan sejak game ini dirilis lebih dari seminggu, konsumsi data game Pokémon Go bergantung pada kebiasaan pengguna saat bergerak (berjalan, naik kendaraan, bersepeda, atau lainnya), frekuensi berhenti di PokéStop, gyms, atau lokasi lainnya.

Pada prinsipnya, semakin cepat si pengguna bergerak atau semakin banyak pengguna berhenti dan berinteraksi di PokéStop atau gyms, data yang dikonsumsi cenderung semakin banyak. Faktor lain, seperti adanya hotspot Wi-Fi di suatu lokasi yang tersambung dengan smartphone pengguna juga mempengaruhi konsumsi data. Semakin sering terhubung hospot Wi-Fi, semakin menurun pemakaian data dari paket operatornya (mobile data).

Lalu bagaimana jika konsumsi data bermain Pokémon Go dibandingkan dengan menonton streaming video YouTube, salah satu aktivitas yang juga sering dilakukan pengguna dan dikeathui boros data?

Secara umum bisa dikatakan, bermain game buatan Niantic ini masih jauh lebih sedikit memakan data dibandingkan menonton di YouTube dalam durasi yang sama, bahkan jika video streaming yang ditonton tergolong kualitas terendah (144p dengan bitrate 80 kbps).

Besar konsumsi data saat bermain Pokémon Go sukar ditentukan karena beberapa faktor yang disebutkan di atas. Menurut perhitungan rata-rata, besar data yang dikonsumsi (mobile data usage) jika pengguna bermain Pokémon Go sambil berjalan selama satu jam adalah berkisar 20 MB.

Sekadar perbandingan, jika pengguna menonton YouTube selama satu jam, data yang dihabiskan minimal sebesar 35 MB (80 x 60 x 60 / 8 /1024 = ~ 35 MB). Dengan catatan, YouTube diset pada pilihan video quality ‘Auto’.

Besar pemakaian data YouTube bisa melonjak drastis jika kecepatan jaringan operator ‘lancar jaya’ di standar LTE sehingga streaming video berjalan pada kualitas Full-HD (1080p dengan bitrate 3774 kbps).

Hitungan sederhananya, konsumsi data saat menonton streaming video 1080p YouTube selama satu jam bisa menjadi sebesar 1,7 GB (3774*60*60/8/1024 = ~ 1658 MB).

Kesimpulannya, selama-lamanya Anda bermain Pokémon Go tidak akan memakan data (via mobile data usage) sebanyak Anda menonton YouTube. Jadi, sambil selalu waspada di jalan, teruskan saja petualangan Anda mencari si Pocket Monster…

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES