CEO Blibli.com: Ayo Creativepreneur Muda Indonesia untuk Terus Berkarya

Tanggal : Senin, 24 Juli 2017 - 14:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


CEO Blibli.com: Ayo Creativepreneur Muda Indonesia untuk Terus Berkarya

MOBITEKNO - Melewati enam tahun perjalanan tidaklah mudah bagi Blibli.com, terutama berdiri dan berkembang sebagai pencetus mall online pertama di Indonesia dengan model bisnis B2C. Edukasi pasar, berkejaran dengan perkembangan teknologi, menjaga kualitas pelayanan hingga kendala logistik sudah pernah dialami. 

Dalam perjalanannya, dimulai dari dukungan 20 mitra usaha, kini Blibli.com telah dipercaya lebih dari 22.000 mitra usaha dan telah membuktikan diri sebagai mal online asli Indonesia yang mampu bertahan ditengah dinamika bisnis e-commerce. Blibli.com dalam kurun waktu enam tahun juga berusaha keras menemukan inovasi baru dan terus melakukan pengembangan di segala aspek secara sangat cepat. 

"Bukanlah perkara mudah untuk membawa Blibli.com yang dalam enam tahun perjalanannya. Tahun ini, kami menargetkan akan ada peningkatan usaha sebesar tiga kali dibanding tahun lalu. Tentu saja, keberhasilan ini bisa dicapai dengan dukungan eksternal sekaligus internal," ucap Kusumo Martanto, CEO Blibli.com disela-sela acara Eclectic Fun Day 2017 yang digelar di Eco Park Ancol, Jakarta (22/7).

Dari sisi eksternal, Kusumo menjelaskan butuh adanya kerjasama antar pemain e-Commerce untuk bersama menciptakan ekosistem yang sehat dan juga saling bersinergi. Selain itu, peranan dari sisi internal sejak awal juga sangat mempengaruhi iklim bisnis Blibli.com yang bahkan berdampak hingga hari ini. 

Berkiblat pada “Customer Focus”, Blibli.com sangat memikirkan mulai dari penetapan kualitas produk yang dijual serta orisinalitas, ragam cara pembayaran, promo marketing yang menarik dan up-to-date, layanan bebas ongkos kirim, one day delivery, hingga pelayanan after sales. 

Tak berhenti sampai disitu, Kusumo juga menegaskan bahwa untuk mencapai ultimate happines, Blibli.com benar-benar telah memastikan  barang yang dipesan telah terkirim kepada customer sesuai dengan ekspektasi mereka. "Tak mudah! Sudah pasti tapi kita selalu willing doing extra mile untuk customer kami!" tegas Kusumo.

Pesan Kusumo bagi para pengusaha e-commerce yang baru memulai bisnis, "Jangan pernah menyerah karena dalam bisnis apapun, pasang surut pasti ada. Saya melihat bahwa pasar Indonesia masih sangat terbuka lebar, banyak creativepreneur muda dengan produk yang kualitasnya tak kalah dengan produk luar negeri. Blibli.com selalu mendukung dan mendorong generasi muda untuk bisa berkarya,"