July 11, 2016

Ini Dia 5 Produsen Mobil yang Recall Kendaraannya di Tiongkok

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia 5 Produsen Mobil yang Recall Kendaraannya di Tiongkok  

MOBITEKNO – Para konsumen kini semakin kritis setiap kali membeli sebuah kendaraan, sementara produsen dituntut untuk semakin memperhatikan keamanan kendaraan yang diproduksinya sehingga apabila terdapat malfungsi pada sebuah kendaraan, maka sudah sewajibnya kendaraan tersebut ditarik dari peredaran untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Para produsen kendaraan tampaknya sedang memasuki suasana panas di wilayah Tiongkok. Pasalnya, sepanjang kuartal pertama kemarin, sejumlah produsen terpaksa harus menarik sekitar ratusan hingga jutaan kendaraannya dari pasaran akibat malfungsi produk. Berikut adalah daftarnya:

Mercedes-Benz:

Sepanjang bulan Juni lalu, produsen mobil asal Jerman ini terpaksa menarik 6.302 kendaraan seri Smart di Tiongkok. Seri smart yang ditarik adalah yang diproduksi antara 12 Mei 2015 dan 2 Oktober 2015. Penarikan tersebut dilakukan lantaran didapati kunci hood yang rusak, demikian sumber dari Departemen Quality Control di Tiongkok sebagaimana dilansir melalui kantor berita Xinhua. Pihak Mercedes-Benz mengatakan bahwa perangkat penguncian tersebut mungkin kehilangan kendali ketika mobil bergerak dengan kecepatan tinggi.

Tianjin FAW Toyota: 

Pertengahan April lalu,  Tianjin FAW Toyota Motor menarik 127 kendaraannya untuk mengganti bagian yang rusak di amplifier stereo mereka yang dapat menyebabkan kebakaran dalam kondisi ekstrim. Seri kendaraan yang ditarik adalah sedan 4.3L Empire Saloon VIP yang diproduksi antara 1 Desember 2009 dan 20 Desember 2010.Tianjin FAW Toyota berjanji untuk memeriksa semua kendaraan yang terkena dampak dan mengganti bagian yang rusak secara gratis, menurut pernyataannya sebagaimana dikutip oleh Xinhua.

Volkswagen (VW): 

Volkswagen China menarik 486 kendaraannya pada bulan mei lalu karena desain sunroof yang cacat.  Karena cacat desain, sunroof kendaraan ini mungkin tidak berfungsi dengan baik dan menimbulkan risiko keselamatan. Kendaraan yang ditarik merupakan seri Magotan yang diproduksi antara 14 Oktober 2015 dan 9 Feb 2016, demikian menurut pernyataan dari divisi Pengawasan Kualitas, Inspeksi dan Karantina General Administration China. Selain itu, VW akan memperbaiki modul gratis untuk menghilangkan risiko.

GAC Fiat Chrysler: 

Akhir April lalu, GAC Fiat Chrysler Mobil Co menarik sekitar 2.990 kendaraan impor yang  diproduksi antara 5 Maret 2012 dan 25 April 2014. Permasalahan yang ditemukan adalah air bisa masuk ke modul kontrol dari sistem pengereman anti-lock kendaraan. hal ini, menurut pengawasan kualitas Tiongkok, dapat meningkatkan risiko saat berkendara. GAC Fiat Chrysler berjanji untuk memeriksa semua kendaraan yang terkena dampak dan mengganti bagian yang rusak secara gratis.

General Motors: 

General Motors menjalani masa paling ‘panas’ dan ‘berdarah’ lantaran harus menarik lebih dari 2 juta kendaraannya di Tiongkok. Angka ini juga merupakan penarikan terbesar dalam sejarah di wilayah tersebut. Sekitar 2,16 juta kendaraan dari empat model: Chevrolet Cruz, Buick Excelle GT, Chevrolet Epica dan Chevrolet Rveo.terpaksa ditarik dari peredaran lantaran masalah mesin. Administrasi umum Tiongkok mengatakan model yang ditarik merupakan yang dibuat antara Februari 2009 dan April 2016 yang dilengkapi dengan generasi ketiga mesin aspirasi alami untuk produsen mobil. Diinformasikan bahwa terdapat membran yang rusak di kotak poros dapat mengikis dari waktu ke waktu dan merusak mesin. Produsen mobil itu mengatakan akan mengganti bagian yang rusak secara gratis.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES